Prototipe NH90 Standard 2 untuk Pasukan Khusus Angkatan Darat Perancis Memulai Uji Terbang

Airbus Helicopters telah meluncurkan kampanye uji terbang untuk prototipe NH90 Standard 2. Standar ini merupakan salah satu konfigurasi NH90 terbaru dan sedang dikembangkan khusus untuk Penerbangan Angkatan Darat Prancis, khususnya dalam mendukung operasi pasukan khusus.

Baca juga: Airbus dan NHI Ingin ‘Selamatkan’ Komponen dan Suku Cadang Helikopter MRH-90 Taipan Australia

Kementerian Angkatan Bersenjata Perancis telah memesan total 18 unit NH90 dalam konfigurasi Standard 2. Uji terbang akan berlanjut hingga akhir tahun sesuai dengan jadwal yang telah disepakati dengan Direktorat Jenderal Persenjataan Perancis (Direction Générale de l’Armement).

Konfigurasi Standar 2 mencakup integrasi sistem elektro-optik Safran Euroflir 410, generator peta digital baru, penempatan untuk anggota kru ketiga, dan jendela geser belakang baru yang diperbesar yang mampu mengakomodasi senjata perlindungan diri.

Pengujian akan memvalidasi desain konfigurasi baru. Prototipe NH90 Standard 2 juga telah dilengkapi dengan perlengkapan mekanis dan elektrik yang didedikasikan untuk Distributed Aperture System (DAS) dan Helm Mounted Sight Digital Display (HMSD-DD) generasi baru dalam rangka integrasi masa depan pada tahap selanjutnya. Sistem ini akan meningkatkan kemampuan pasukan khusus untuk beroperasi dalam kondisi yang sangat menuntut.

Uji terbang ini merupakan bagian dari program yang diluncurkan pada tahun 2020 oleh NATO Helicopter Management Agency (NAHEMA) dan NHIndustries (NHI) dan perusahaan mitranya (Airbus Helicopters, Leonardo dan Fokker) untuk pengembangan dan peningkatan 10 unit NH90 TTH (varian Tactical Transport) dalam konfigurasi Standard 2.

Setelah peluncuran program, pada bulan Desember 2023, NAHEMA atas nama Kementerian Angkatan Bersenjata Prancis, memberikan kontrak kepada NHIndustries untuk produksi delapan NH90 tambahan dalam konfigurasi Standars 2, sehingga memperbarui kepercayaan mereka terhadap program NH90.

Pada akhir dekade ini, Penerbangan Angkatan Darat Prancis akan mengoperasikan 81 unit NH90 TTH. NH90 pertama kali dikirim ke Angkatan Darat Perancis pada tahun 2011. 63 unit NH90 TTH telah dikirimkan sejauh ini. Pesawat ini pertama kali dioperasikan di Mali pada tahun 2014 dan sejak itu telah mencapai total 50.000 jam terbang.

NH90 angkatan bersenjata Perancis didukung oleh NHI berdasarkan kontrak Dukungan Operasional (NOS) NH90 yang sama dengan Jerman, sebuah perjanjian berbasis kinerja yang mendelegasikan sebagian besar aktivitas logistik dan pemeliharaan negara kepada NHI dan memungkinkan pelanggan untuk fokus pada operasi penting mereka. .

NHIndustries adalah perusahaan patungan helikopter terbesar dan bertanggung jawab atas desain, manufaktur, dan dukungan helikopter NH90, salah satu pemimpin dalam helikopter militer generasi terbaru. Perusahaan mengambil keuntungan dari industri helikopter dan pertahanan Eropa, yang dimiliki oleh Airbus Helicopters (62,5%), Leonardo (32%) dan GKN Fokker (5,5%). (Bayu Pamungkas)

NH90 Sea Tiger Terbang Perdana – Helikopter Anti Kapal Selam Terbaru AL Jerman