Seputar DSEI 2019Klik di Atas

RM Terex Gaz-34039 Irbis: Rantis ATV Amfibi Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana TNI

Sebagai struktur yang langsung berkedudukan dibawah Panglima TNI, Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) TNI dituntut untuk senantiasa sigap menghadapi beragam bencana yang setiap saat bisa terjadi di Tanah Air. Dan guna menunjang misi tanggap bencana, keterampilan khusus dan bekal perlengkapan penunjang menjadi keharusan untuk disiapkan. Seperti dalam menjangkau medan berat, kendaraan roda rantai dengan genre ATV (All Terrain Vehicle) menjadi salah satu yang diandalkan.

Baca juga: Hagglunds Bv206 – Wahana Kopassus dalam Melintasi Medan Super Berat

Selain rantis (kendaraan taktis) Hagglunds Bandvagn 206 (Bv206) yang dimiliki Kopassus, Polri dan PMI (Palang Merah Indonesia). Rantis ATV TNI yang disiapkan untuk tanggap bencana masih ada lagi, dan yang satu ini punya dimensi dan spesifikasi lebih besar dibanding Bv206. Yang dimaksud adalah rantis roda rantai Gaz-34039 Irbis buatan RM Terex, Rusia. Gaz-34039 dengan cat warna hijau diketahui telah menjadi arsenal PRCPB TNI, kabarnya rantis dengan kemampuan amfibi ini dioperasikan oleh satuan Zeni Konstruksi TNI AD.

Baca juga: Ditpalad TNI AD – Sulap Truk Unimog U1300L Jadi Kendaraan Amfibi

Meski punya tongkrongan ibarat tank mini, Irbis sudah barang tentu tidak dilengkapi pelapis anti peluru. Merujuk informasi di situs resminya, Gaz-34039 dirancang sebagai kendaraan serbaguna yang ditujukan untuk melahap medan yang paling sulit dijangkau dengan iklim ekstrim. Rantis ini selain mampu membawa personel, dapat pula mengangkut bahan perbekalan ke daerah yang sukar dijangkau kendaraan biasa. Karena lahir di Negeri Tsar, Irbis dikondisikan untuk melaju di kawasan off road seperti Siberia dan wilayah Timur Jauh.

Baca juga: Tatrapan 6×6 – Ini Dia! Keluarga Baru Heavy Truck Offroad Marinir TNI AL

Gaz-34039 Irbis dapat beroperasi pada suhu -50 sampai +50 derajat celcius. Mulai dari medan salju, gurun pasir, sungai, dan rawa dipercaya tak akan sulit dilalui Irbis. Saat berenang, daya dorong rantis ini diciptakan oleh gerakan trek rantai yang menjadi propulsi. Meski menggunakan roda rantai, namun rantai Irbis terbuat dari rubber – jointed tracks.

Baca juga: GAZ 69 – Legenda Jip Tangguh Rusia, Mulai dari Angkut Personel Hingga Pelibas Tank

Gaz-34039 Irbis di Rusia.

Secara keseluruhan, Irbis punya bobot 5.400 kg dengan payload 1.600 kg. Kapasitas penumpang yang dibawa adalah 12, namun bisa ditambah 3 lagi dengan cargo passenger. Akomodasi untuk tidur bisa disiapkan untuk empat penumpang.

Baca juga: K-61 – Si “Penyambung Lidah” Operasi Amfibi Korps Marinir

Varian lain dari Gaz-34039.

Gaz-34039 Irbis ditenagai oleh mesin diesel D245.7E2 empat silinder dengan power 122 HP. Dalam mendorong logistik ke medan berat, rantis ini dapat menarik trailer dengan berat maksimum 2.000 kg. Dalam sekali jalan, kapasitits bahan bakarnya maksimum 400 liter. Bagaimana dengan kecepatan Irbis? Saat melaju di permukaan, kecepatan maksimum dipatok 60 km per jam, sementara saat berenang kecepatannya 6 km per jam. Melengkapi misi di wilayah yang ekstrim, Gaz-34039 Irbis dilengkapi bi xenon light, remote LED spotlight, dan ruang kemudi dengan excellent visibility. (Haryo Adjie)

13 Comments