Norinco VN3 4×4 – Punya Desain Mirip Panhard VBL, Inilah Rantis Lapis Baja Terbaru Pasukan Lintas Udara Cina

Yang satu ini bukan alutsista dengan efek deterens, namun yang satu ini adalah rantis lapis baja 4×4 yang notabene profilnya tak jauh beda dengan rantis-rantis lapis baja milik TNI pada umumnya. Tapi yang menarik, media Cina menyebut rantis di capture adalah batch pertama dari rantis lapis baja amfibi pesanan pasukan lintas udara (airborne troops) AU Cina. Disebutkan pula, rantis ini punya kemampuan untuk diterjunkan dari udara (air droppable).

Baca juga: TNI AU Terima C-130H Hercules A-1338, Dulu Sempat Lakukan “Air Dropping” Buldoser Seberat 10 Ton

Dikutip dari Janes.com (11/5/2020) yang melansir dari tayangan China Central Television 13 (CCTV 13) pada 8 Mei lalu, deretan 14 unit rantis lapis baja yang identik dengan Norinco VN3 telah diserahkan kepada brigade senjata gabungan dari Korps Lintas Udara AU Cina di Provinsi Hubei, Cina Tengah. Sosok yang diperlihatkan dalam tayangan TV merupakan rantis dengan lima pintu, yang oleh beberapa sumber menyebut, rantis itu sudah pernah diperlihatkan saat China AirShow 2018 di Zhuhai.

Di China AirShow 2018, rantis tersebut dipamerkan dalam varian armoured fighting vehicle (AFV) yang dilengkapi kubah tanpa awak yang dilengkapi kanon kaliber 30 mm, senapan mesin ringan 7,62 mm coacial, dan enam peluncur granat asap. Varian lain dari rantis ini adalah sebagai platform peluncur roket 122 mm dan peluncur mortir 120 mm. Namun, pada tayangan di CCTV 13, yang terlihat nampaknya adalah varian standar dengan senjata utama senapan mesin berat 12,7 mm konvensional.

Sekilas tentang Norinco VN3, rantis ini termasuk golongan light armoured vehicle (LAV). Beberapa analis global menyebut bahwa VN3 meurpakan tiruan dari rantis Panhard VBL buatan Perancis, jenis rantis yang juga digunakan Kompi Kavaleri (Kikav) TNI AD. Dugaan tersebut tentu ada alasannya, yang paling mudah dilihat, bahwa desain bagian depan kendaraan, termasuk desain pintu, mirip dengan Panhard VBL.

Meski ada yang menyebut ‘jiplakan’ Panhard VBL, namun Norinco tak lantas meniru mentah-mentah. Pasalnya dimensi VN3 lebih panjang dengan bobot yang jauh lebih besar, yaitu 5,3 ton, sedangkan Panhard VBL berat tempurnya 3,59 ton. Volume internal yang lebih besar pada VN3, memungkinkannya untuk melakukan berbagai peran di medan perang yang lebih luas.

Struktur bodi VN3 dirancang mampu menahan terjangan proyektil kaliber sedang, dan bagian bawah kendaraan dapat menahan efe ledakan dari ranjau. Peralatan standar pada VN3 meliputi sistem pengereman anti selip, sistem perlindungan nuklir, biologi dan kimia (NBC) dan sistem deteksi kebakaran. Peralatan opsional dikatakan mencakup kemampuan amfibi, perangkat mengemudi dengan level cahaya rendah dan Global Positioning System (GPS).

Baca juga: Terjun Bebas dari Ketinggian 1.500 Meter, Begini Penampakan Ranpur BMD-1 Rusia

Dari spesifikasi, Norinco VN3 dengan mesin diesel dapat melesat hingga kecepatan 110 km per jam di jalan mulus dengan jarak jelajah sampai 600 km. Norinco VN3 punya panjang 4,6 meter da lebar 2,2 meter. Rantis ini diawaki dua personel dan dapat membawa tiga pasukan infanteri. (Gilang Perdana)

10 Comments