Mil Mi-26T2V: Upgrade Tebaru Varian Tercanggih Keluarga Helikopter Raksasa Mi-26

Sekitar Agustus tahun lalu, tersiar kabar bahwa Puspenerbad TNI AD akan mendapatkan pengadaan helikopter angkut berat Mil Mi-26 dari Rusia. Malah disebutkan yang akan didatangkan adalah varian Mi-26T2, salah satu varian terbaru dari keluarga helikopter Mi-26 hasil rancangan Mil Moscow Helicopter Plant, salah satu divisi Russian Helicopters. Kisaran pengadaan pun disebut antara periode 2018 – 2019.

Baca juga: Mil Mi-26T2 – Varian Tercanggih Helikopter Angkut Berat Untuk Puspenerbad TNI AD

Nah, sampai saat ini belum diketahui kembali kelanjutan dari rencana pengadaan tersebut, namun yang jelas hingga kini belum terdengar kabar diadakannya kesepakatan jual beli (MoU) tentang Mi-26 tersebut. Musim pun berganti, kini pihak Russian Helicopters sudah merilis varian Mi-26 yang lebih baru lagi, yaitu Mi-26T2V.

Persisnya di ajang International Military-Technical Forum Army 2018 (21 – 26 Agustus), Russian Helicopters untuk pertama kalinya memperkenalkan sosok Mi-26T2V kepada publik. Pihak manufaktur dan pengembang sengaja merancang helicopter raksasa ini untuk kebutuhan Kementerian Pertahanan Rusia.

Berdasarkan permintaan Kemhan Rusia, Mi-26 varian terbaru ini harus punya kemampuan untuk melakukan operasi di daerah yang punya kompleksitas tinggi, seperti di kondisi alam dan geografis yang tidak menguntungkan. Bila dibandingkan dengan varian sebelumnya, keunggulan Mi-26T2V terletak diantaranya pada perangkat onboard radio electronic NPK90-2V. Perangkat ini dipercaya dapat memundahkan pengendalian helikopter, termasuk dalam moda terbang otomatis dan terbang bersama dalam formasi. Kemudahan dari perangkat ini termasuk membantu proses pendaratan dan manuver darurat untuk mengarahkan kembali ke homebase.

Dilengkapi door gun.

Sebagai helikopter angkut tempur, Mi-26T2V juga dibekali perangkat sistem pertahanan Vitebsk, yang berperan untuk mendeteksi ancaman, terutama dari potensi serangan rudal MANPADS dengan sistem pemandu infa merah.

Baca juga: Mil Mi-1 – Nyaris Terlupakan, Inilah Jejak Helikopter Ringan TNI AU dari Era 60-an

Dari sisi kokpit, sistem pencahayaan sudah dimodernisasi, termasuk diadaptasi guna compatible dengan penggunaan night vision goggles. Sistem komunikasi dan navigasi berbasis satelit juga telah dilengkapi pada varia terbaru ini. Fitur avionik lainnya yang ada di Mi-26T2V seperti BREO-26 digital avionics suite untuk meningkatkan stabilitas dan kendali penerbangan dalam beragam kondisi dan medan.

Mi-26T2V masuk kelas heavy-lift transport helicopter dengan kapasitas payload 20 ton telah dibekali dengan glass cockpit dengan LCD, control panel, dan airborne computer. (Bayu Pamungkas)

17 Comments