Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Gunakan ACMI KITS, Penerbang Tempur F-16 TNI AU dan USAF ‘Bertarung’ di Udara

Penerbang F-16 TNI AU dengan latar ACMI KITS di Cope West 2018. Foto: Istimewa.

Meski tongkrongan bak pinang dibelah dua, namun ada beberapa perbedaan fitur dan kemampuan antara F-16 C/D TNI AU dan F-16 C/D AU AS (USAF) yang kini tengah ‘bertanding’ dalam Cope West 2018 di Lanud Sam Ratulangi, Manado. Walau di atas kertas jet tempur yang dibawa Amerika Serikat lebih unggul, namun ada satu perangkat yang digunakan sebagai standar dan dipasang di F-16 kedua negara. Perangkat yang dimaksud adalah ACMI (Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI).

Baca juga: Jajal Dogfight, J-11 (Sukhoi Su-27) Kalah Telak dari Gripen, Ini Dia Sebabnya!

Sekilas perangkat ini wujudnya mirip rudal udara ke udara AIM-9 Sidewinder, hanya saja nampak berbeda pada bagian belakang, dimana pada ACMI pod tidak terdapat sirip ekor dan booster, lantaran ACMI pod yang dipasang pada dudukan (rel) rudal, memang tidak untuk diuncurkan. Dan sampai saat ini TNI AU mengoperasikan dua jenis ACMI pod, yakni P5 Combat Training System/Tactical Combat Training System (P5 CTS/TCTS), dan KITS. Keduanya jenis ACMI pod ini biasa diguakan sehari-hari untuk berlatih tempur oleh para penerbang F-16 Fighting Falcon TNI AU.

Namun, khusus di Cope West 2018, menurut sumber Indomiliter.com, yang diguakan adalah ACMI KITS. Pasalnya yang dibawa delegasi USAF ke Cope West 2018 adalah KITS, sehingga TNI AU kemudian menyesuaikan. Dan kesemua F-16 C/D di Cope West 2018 (12 unit) kini telah dipasang ACMI KITS pada salah satu ujung sayapnya (wing tip weapon station). Penggunaan ACMI pod memungkinkan dua pesawat tempur atau lebih untuk menyimulasikan pertempuran udara jarak dekat alias dog fight tanpa perlu melepaskan rudal sungguhan yang tentu saja sangat beresiko dan mahal.

ACMI merupakan alat yang dapat merekam data-data pergerakan pesawat selama latihan penerbangan. Data-data tersebut nantinya dapat digunakan untuk menganalisa latihan yang dilaksanakan baik secara real time maupun keperluan setelah selesai penerbangan. ACMI menyediakan advanced Rangeless/ Autonomous ACMI Training yang memungkinkan para penerbang berlatih dengan bantuan GPS (Global Positioning System).

ACMI KITS
ACMI P5 di F-16 USAF

Inti komponen teknologi ACMI adalah instrumentation pod. Pod ini mengumpulkan semua data dan pergerakan pesawat selama penerbangan kemudian merekam dan mengirim informasi tersebut ke ground station untuk real time monitoring terhadap kejadian-kejadian selama latihan dan breefing setelah latihan pada layar monitor di ruang debrief. Lain dari itu, sistem ACMI pod juga dapat menampilkan Real-Time Kill Notification (RTKN) kepada pilot yang tengah mengudara.

Lantas apa perbedaan antara ACMI P5 CTS/TCTS dan ACMI KITS? Keduanya dapat mendukung semua weapon simulation, mulai dari dog fight dengan melepaskan tembakkan kanon, mengumbar rudal pencari panas Sidedwinder, sampai untuk penembakkan rudal udara ke udara jarak sedang, AIM-120 AMRAAM. Namun pada prinsipnya KITS beroperasi dengan freuensi UHF (Ultra High Frequency), sehingga lebih simple dan tahan kondisi cuaca. Sementara P5 CTS/TCTS menggunakan frekuensi L band, dengan keunggulan transmisi data lebh cepat dan lebih banyak.

ACMI P5 CTS/TCTS
ACMI KITS (atas) dan ACMI P5 (bawah)

Baca juga: Garmin D2 Pilot Watch: Inilah Smartwatch Penerbang Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU

Uniknya kedua ACMI pod diproduksi oleh Cubic Corporation, perusahaan yang bermarkas di San Diego, California ini memang sudah memasok ACMI pod sejak 1973, dan lebih dari 30 negara telah mengadopsi ACMI dari Cubic. Khusus untuk P5 CTS/TCTS, Cubic bekerjasama dengan DRS Technology. (Haryo Adjie)

19 Comments