Buntut Konflik Ankara vs Washington, AU AS Akhirnya Akuisisi F-35A eks Pesanan Turki

Semenjak tibanya sistem hanud S-400 di Turki pada tahun 2019, maka tiada pilihan bagi Amerika Serikat untuk memberi tekanan pada negara sekutunya tersebut. Salah satu yang mengemuka dan sudah jadi kenyataan adalah, didepaknya Turki dari program pengembangan F-35 Lightning II, lebih dari itu, pesanan F-35A untuk kebutuhan AU Turki dibatalkan oleh Washington. Sebagai negara NATO, Turki punya ancang-ancang untuk mengakuisisi 120 unit F-35A, 30 unit diantaranya sudah berstatus order dan dalam jalur produksi, sementara ada enam unit F-35A yang telah rampung dibuat.

Baca juga: Washington Cemas, Turki Uji Deteksi Sistem Hanud S-400 Pada Jet Tempur Stealth F-22 dan F-35

Keenam F-35A yang telah diluncurkan dari hanggar Lockheed Martin tersebut, apesnya belum sempat dikirim ke Turki. Alih-alih karena meletusnya ketegangan Ankara vs Washington, empat unit F-35A untuk sementara digunakan sebagai wahana training di Lanud Luke, Arizona. Lepas dari statusnya yang tak jelas, masih ada puluhan unit F-35A eks pesanan Turki yang sudah ada di jalur produksi. Dikutip dari Defensenews.com (20/7/2020), disebutkan pada Januari 2020, ada 24 unit F-35A pesanan Turki yang sudah terlanjur dalam jalur produksi.

Pasca meletusnya ketegangan akibat kedatangan sistem hanud S-400, netizen di AS pun bertanya-tanya, bagaimana nasib kelanjutan pesanan F-35A eks Turki tersebut? Pasalnya sudah setahun berselang dan belum ada keputusan siapa yang akan menjadi operatornya.

Departemen Pertahanan AS akhirnya memberi keputusan, bahwa AU AS akan membeli delapan unit F-35A eks pesanan Turki, plus dengan enam unit F-35A tambahan dengan nilai mencapai US$862 juta. Kedelapan unit F-35A Turki masuk dalam produksi Lot14, dimana pesawat-pesawat tersebut rencananya akan dikirim ke Turki pada periode 2022 – 2023.

Sementara menurut sumber dari pejabat pertahanan, pagu anggaran akuisisi akan mengambil dari tahun fiskal 2020. Harga per unit akuisisi F-35A eks Turki mencapai US$77,9 juta dan pesanan akan dituntaskan Lockheed Martin pada tahun 2026.

Baca juga: Dipandang Lebih Hemat Biaya dari F-35A, AU AS Pesan Jet Tempur Canggih Generasi Keempat F-15EX

Berdasarkan tahun fiskal 2020 dari National Defense Authorization Act, pihak kongres telah memberi izin kepada Pentagon untuk menggunakan dana US$30 juta untuk menerbangkan enam unit F-35A eks pesanan Turki. Dana tersebut mencakup biaya untuk penyimpanan dan perawatan sampai keputusan resmi siapa unit tempur di AU AS yang kelak akan mengoperasikan. (Bayu Pamungkas)

51 Comments