Oncilla 4×4 – Rantis Lapis Baja Rancangan Ukraina Produksi Polandia, 100 Unit Telah Dikirim ke Garis Depan

Dirancang di Ukraina dibuat di Polandia, inilah rantis lapis baja Oncilla 4×4. Meski secara desain tak ada yang terlalu menarik, tapi Oncilla selama ini aktif dioperasikan angkatan bersenjata dan garda nasional Ukraina dalam mendukung misi intelijen. Dirpoduksi perusahaan Polandia, Mista, 100 unit Oncilla 4×4 saat ini telah selesai dibuat dan telah dikirim ke Ukraina.

Baca juga: Roshel Kanada Umumkan Pengiriman Rantis Lapis Baja Senator 4×4 Ke-1000 untuk Ukraina

Menurut laporan dari Defense24, Mista telah menyelesaikan pengiriman kendaraan lapis baja Oncilla ke-100 ke klien Ukraina. Perusahaan dari Polandia ini menjaga hubungan dekat dengan personel militer di lapangan, memanfaatkan pengalaman garis depan untuk meningkatkan kemampuan operasional kendaraan. Mista mengklaim telah membangun layanan yang kuat di Ukraina, termasuk mengirimkan tim perbaikan dari Biro Desain Beryl ke garis depan untuk pemeliharaan dan perbaikan Oncilla.

Beberapa unit Oncilla dilaporkan telah hancur atau rusak parah selama digunakan dalam peperangan, namun sejauh ini belum ada laporan awak atau personel di Oncilla yang tewas.

Oncilla 4×4 punya bobot kotor kurang lebih 8800 kg, rantis ini memiliki ciri desain yang memadukan kekuatan dengan fungsionalitas, dengan jarak sumbu roda 3100 mm dan kapasitas untuk menampung awak tempur yang terdiri dari tiga anggota (komandan, pengemudi, penembak) ditambah enam prajurit .

Oncilla berukuran panjang antara 5,45 dan 5,8 meter tergantung apakah dilengkapi dengan winch atau tidak, lebar Oncilla 2,45 meter, dan tingginya bervariasi dari 2,3 meter di bagian atas lambung hingga 2,7 meter, tergantung dari jenis dudukan senjata yang dipasang. Ground clearance Oncilla minimal 400 mm memungkinkannya menavigasi medan sulit dengan mudah.

Oncilla 4×4 dibekali dua pilihan mesin, yakni KM Deutz BF 4M 1013FC dengan tenaga maksimum 190,5 hp yang dipadukan dengan girboks Allison 1000, atau Iveco NEF 4 ENTC yang menghasilkan tenaga hingga 209,5 hp, dipadukan dengan transmisi otomatis (6/ 1).

Tenaga mesin tersebut memberikan performa dengan kecepatan maksimum di jalan raya minimal 120 km per jam dan jangkauan bahan bakar sejauh 750 km. Oncilla 4×4 juga mampu mengatasi rintangan dengan sudut pendakian maksimal 30 derajat dan sudut kemiringan maksimal 24 derajat.

Persenjataan standar Oncilla mencakup senapan mesin NSV kaliber 12,7 mm. Untuk kenyamanan, Oncilla dilengkapi dengan AC dan sistem pemanas sesuai dengan standar NATO (AECTP – 230). Dari segi perlindungan, level armor dasar memenuhi standar STANAG 4569 level 2, yang dapat ditingkatkan ke level 3 dengan penambahan armor pasif eksternal.

Perlengkapan standar kendaraan meliputi sistem inflasi ban sentral, power steering hidrolik, sistem komunikasi dan navigasi satelit, pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC), sistem pemadam kebakaran otomatis, unit filter dan ventilasi, dan winch dengan kapasitas 6,8 ton.

Mista menggunakan informasi yang dikumpulkan di medan perang untuk berinovasi dengan generasi berikutnya, yakni Oncilla II. Inisiatif ini mencerminkan masukan dari pengguna militer, yang bertujuan untuk mengembangkan desain kendaraan, terutama dalam hal perlindungan ranjau.

Model Oncilla II yang akan datang diharapkan menampilkan rangka yang didesain ulang, lebih besar, dan lebih berat. Desain awal menyarankan perbaikan pada sasis dan powertrain kendaraan, termasuk peralihan ke mesin yang lebih bertenaga untuk mengakomodasi penambahan bobot.

Desain Oncilla II

Selain itu, perusahaan ini bertujuan untuk meningkatkan persenjataan kendaraan dengan mengintegrasikan modul tempur baru yang dikendalikan dari jarak jauh yang mampu menampung senapan mesin 14,5 mm. Peningkatan ini akan memungkinkan Oncilla II untuk terlibat lebih efektif melawan infanteri musuh dan kendaraan lapis baja ringan, sehingga memperluas cakupan operasionalnya di medan perang. (Gilang Perdana)

Ukraina Terima Unit Perdana Ambulans Lapis Baja “Gurkha” 4×4