Cina Tawarkan Hibah Kapal Selam Diesel Listrik Type 035B Ming Class atau Type 039 Song Class ke Thailand

Thailand rupanya mendapat manfaat optimal berkat kerja samanya dengan Cina. Dikenal lumayan banyak mengakuisisi alutsista dari Cina, Angkatan Laut Thailand saat ini diketahui tengah menanti dua jenis kapal perang produksi Cina. Yang pertama adalah bakal tibanya Landing Platform Dock (LPD) terbesar di Asia Tenggara, Type 071E, dan kapal selam diesel listrik dengan teknologi AIP (Air Independent Propulsion) S26T Class.

Baca juga: Dilengkapi Teknologi AIP, Cina Mulai Bangun Kapal Selam S26T Pesanan Thailand

Bila LPD Type 071E sedang menjalani fase sea trial, maka untuk kapal selam S26T sepertinya bakal ada penundaan dalam pengiriman. Dikutip dari Shephardmedia.com, tanpa disebutkan alasannya, ada kabar bahwa proses pengiriman kapal selam produksi China Shipbuilding and Offshore International Company (CSOC) itu akan meleset dari jadwal yang ditentukan.

Tak ingin membuat mitranya kecewa, plus dengan dalih melatih kesiapan awak kapal selam, Pemerintah Cina diwartakan menawarkan dua kapal selamnya untuk digunakan oleh AL Thailand. Tidak dijelaskan, apakah bentuk ‘bantuan’ yang ditawarkan berupa pinjam pakai, atau justru berupa hibah kepemilikan kapal selam. Sebelumnya model pinjam pakai kapal selam diadopsi oleh India kepada Myanmar, dimana India meminjamkan satu unit kapal selam Kilo Class INS Sindhuvir untuk AL Myanmar, yang kini telah berganti nama menjadi UMS Minye Theinkhathu.

Type 035B Ming Class.

Untuk AL Thailand, Cina menawarkan kapal selam diesel listrik Type 035B Ming Class atau Type 039 Song Class yang kini masih dioperasikan AL Cina. Sejauh ini belum ada tanggapan dari Bangkok, apakah menerima hibah ini atau sebaliknya. Yang jelas AL Thailand kini sedang fokus pada pembangunan fasilitas pendukung guna mengantisipasi kedatangan kapal selam S26T.

Berdasarkan kontrak senilai THB13,5 miliar (US$430 juta) pada pada tahun 2017, disepakati pembangunan satu unit kapal selam S26T yang akan dikirimkan oleh Cina pada tahun 2023. Pemotongan plat baja kapal selam S26T dilakukan pada tahun 2018. S26T disebut-sebut sebagai varian dari kapal selam Type 041 Yuan Class yang selama ini dioperasikan AL Cina (People’s Liberation Army Navy/PLAN). Dari beberapa sumber, kapal selama S26T dikatakan punya panjang 77,7 meter dan lebar 8,6 meter. Punya bobot 2.550 ton, kapal selam ini digadang dapat menyelam sampai kedalaman 300 meter.

Sementara untuk kapal selam yang akan dihibahkan Cina ke Thailand, yaitu Type 035B Ming Class, adalah kapal selam dengan desain lawas namun masih punya taring. Kapal selam ini dilengkapi delapan tabung peluncur torpedo kaliber 533 mm di bagian haluan. Uniknya, seperti halnya Whiskey Class yang dioperasikan TNI AL pada era 60/70-an, pada bagian buritan Type 035B juga dilengkapi dua tabung peluncur torpedo.

Rancangan Type 035B Ming Class tidak orisinil, pasalnya desain kapal selam ini mengadopsi Romeo Class yang dirilis Uni Soviet pada dekade 60/70-an. Di tangan Cina, Romeo Class sudah diproduksi secara lokal dengan label Type 033.

Kilas balik ke akhir Desember 2021, AL Cina baru mengirimkan satu unit Type 035B Ming Class ke AL Myanmar, dan diketahui telah diberi nama UMS Minye Kyaw Htin. Type 035B Ming Class dibangun oleh Wuchang Shipyard dan Jiangnan Shipyard. Variannya terdiri dari Type 035, Type 035B, Type 35G dan Type 35B. Dari spesifikasi, Type 035B Ming Class punya panjang 76 meter, lebar 7,6 meter dan punya bobot 2.110 ton (saat menyelam). Ditenagai mesin diesel Type E390ZC-1 dengan kekuatan 5.200 hp, kapal selam ini sanggup melaju 18 knots di bawah permukaan.

Type 039 Song Class (Foto: Istimewa)

Bila yang didapatkan Thailand kelak adalah Type 039 Song Class, maka ini adalah kapal selam yang lebih maju teknologinya. Type 039 Song Class adalah kapal selam diesel listrik pertama yang dikembangkan sepenuhnya di Cina dan juga kapal selam diesel listrik Cina pertama yang menggunakan bentuk lambung teardrop modern.

Baca juga: Bidik Pasar Negara Berkembang, Cina Tembus Ekspor Kapal Selam Keempat Negara

Type 039 Song Class punya bobot 2.250 ton saat menyelam. Dari aspek persenjataan, Type 039 Song Class dilengkapi enam tabung peluncur torpedo kaliber 533 mm. Dalam sekali berlayar dapat dibawa 18 unit torpedo atau 36 unit ranjau laut.

Type 039 Song Class punya panjang 74,9 meter, lebar 8,4 meter dan dapat menyelam sampai kedalaman 300 meter. Saat ini Type 039 Song Class hanya dioperasikan AL Cina dengan jumlah 13 unit kapal selam aktif. (Gilang Perdana)

4 Comments