Turki Tampilkan Anka-3 – Drone Tempur Stealth dengan Desain Flying Wing, Terbang Perdana Q2 2023

Selain menuntaskan uji taxii atas prototipe jet tempur generasi kelima TF-X, pada 18 Maret 2023, Turkish Aerospace Industries (TAI) rupanya juga memperlihatkan prototipe drone tempur stealth yang diberi label sebagai Anka-3. Meski Rusia (Sukhoi S-70 Okhotnik-B) dan Iran (Shahed-191) lebih dulu meluncurkan dan mengoperasikan UCAV stealth, namun sosok Anka-3 tak pelak membetot perhatian, lantaran desainnya yang sepintas mirip bomber stealth B-21 Raider.

Baca juga: Sekilas Mirip F-22 Raptor, Prototipe Jet Tempur Stealth TF-X Tuntaskan Uji Taxii

TAI telah membagikan foto pertama dari drone tempur Anka-3 yang mengedepankan desain flying wing. Dikutip dari bulgarianmilitary.com (19/3/2023), prototipe Anka-3 rencananya akan melakukan terbang perdana pada tahun ini juga. Dalam foto terlihat, drone Anka-3 terlihat dengan stasiun senjata eksternal di bawah sayapnya. Anka-3 menampilkan cantelan eksternal untuk amunisi dan bahan bakar, namun juga dibekali internal weapon bay. Meski belum diketahui jenisnya, Anka-3 akan ditenagai oleh mesin tunggal turbofan.

Menurut informasi yang diperoleh SavunmaSanayiST.com, Anka-3 memiliki berat lepas landas maksimum sekitar 7 ton. Untuk jadwal terbang perdana, TAI menargetkan untuk melakukan penerbangan perdana Anka-3 pada kuartal kedua tahun 2023.

Anka-3 dikembangkan terutama untuk misi serangan udara ke darat. Dengan demikian, misi deep-strike dan Suppression of Enemy Air Defenses (SEAD) akan menjadi salah satu kemampuan serangan utama drone ini.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay menyatakan dalam pidato, bahwa Anka-3, dengan mesin jet dan kecepatannya, kapasitas muatan tinggi, dan struktur berekor yang hampir tidak terlihat di radar, akan membuka lembaran baru Turki di segmen drone tempur.

Anka-3 memiliki desain air intake dorsal bergerigi, serta asupan tambahan ke bagian belakang atas, di dekat knalpot mesinnya, yang tampaknya merupakan tipe bulat konvensional. Antena kecil dan antena tipe konformal lainnya terlihat pada intake tambahan ini. Dua tabung pitot besar terlihat dipasang di sepanjang tepi depannya, dan satu lagi terlihat memanjang dari hidungnya.

Apa yang tampak seperti sepasang tangki bahan bakar atau bentuk senjata terlihat di bawah sayapnya. Fairing persegi panjang konformal yang besar dan yang bulat di depannya tampak tekstur kulit yang berbeda dari badan pesawat lainnya. Tidak jelas untuk apa sebenarnya ini, tetapi satu kemungkinan adalah bahwa ini adalah selubung untuk menutupi susunan antena. Anka-3 secara keseluruhan mirip dengan Boeing X-45C.

Baca juga: Prototipe Drone Stealth Produksi India Sukses Terbang Perdana, Ditenagai Mesin Buatan Rusia

Desain knalpot (exhaust) adalah salah satu komponen tersulit dari pesawat low-observable yang berhasil diwujudkan, sehingga knalpot yang lebih mendasar dapat digunakan untuk pengujian awal. Hal tersebut terlihat pada desain UCAV stealth Rusia, Sukhoi S-70 Okhotnik-B (Hunter-B). (Gilang Perdana)

2 Comments