Rusia Tampilkan “Resurs” – Sistem Hanud Berbasis Rudal untuk Kapal Perang

Di tengah ketegangan antara Armada Rusia dan kelompok kapal perang Inggris/NATO di Laut Baltik, ada kabar bahwa Rusia telah memperkenalkan sistem pertahanan udara (hanud) baru untuk dipasang di kapal perang. Dari ajang 10th International Maritime Defence Show (IMDS-2021) di St. Petersburg yang berlangsung 23 -27 Juni 2021, Almaz-Antey concern, manufaktur senjata milik Pemerintah Rusia meluncurkan Resurs ship-based multi channel air defense missile system.

Baca juga: Evader, Rudal Latih Supersonik untuk Asah Kemampuan Hanud di Kapal Perang Australia

Almaz-Antey concern sendiri bukan pemain baru dalam industri alutsista Rusia, namanya sudah dikenal luas sebagai pengembang dan produsen sistem hanud bagi matra darat dan laut. Sebut saja sistem hanud S-400 dan Buk-M3, adalah hasil produksi dari Almaz-Antey concern. Sementara Resurs dirancang untuk melindungi kapal perang (permukaan) dari serangan berupa wahana berawak dan tak berawak dari jarak dekat, termasuk yang terbang di ketinggian rendah.

Resurs ADMS (Air Defense Missile System) dapat menggunakan dua jenis rudal, yaitu 9M96E dan 9M100E dengan jangkauan masing-masing 28 km dan 10 km. Sementara untuk ketinggian luncur, masing-masing rudal bervariasi dari 4 hingga 120 km.

Rudal 9M96E (kiri) dan rudal 9M100E (kanan).

Sistem Resurs dapat merespon lima sasaran secara bersamaan. Dipasang pada dek kapal perang, Resurs dilengkapi delapan modul peluncur. Sebelumnya sistem hanud Resurs sudah pernah diperkenalkan, yaitu dengan nama Redut Air Defense System pada tahun 2018.

Rudal 9M96E selama dikenal sebagai salah satu pilihan pada sistem hanud S-400. Rudal hanud jarak menengah ini dapat melesat dengan kecepatan hipersonik Mach 5.3. Bobot rudal ini mencapai 420 kg, panjang 5,65 meter dan diameter 240 mm. Meski dapat menyasar sasaran di ketinggian 120 km, 9M96E juga dapat menghajar sasaran di ketinggian rendah (5 meter).

Baca juga: Rusia Kembangkan Rudal Hanud Tor-M2 Varian Angkatan Laut

Kemudian rudal 9M100E, dikenal sebagai rudal hanud jarak pendek dengan kecepatan Mach 3 yang punya jarak tembak sampai 15 km. Kabarnya 9M100E adalah varian eskpor dari 3K-96E. (Gilang Perdana)

14 Comments