Ikuti Jejak Rapier, Sky Sabre Air Defence System Ditempatkan di Falkland (Malvinas)

Belum lama setelah diresmikan sebagai pengganti rudal hanud Rapier pada 27 Januari 2022, kini ada kabar Sky Sabre Air Defence System telah ditempatkan Inggris di garis terdepan wilayah terluarnya, yaitu Kepualauan Falkland yang terletak di barat daya Samudra Atlantik. Penempatan Sky Sabre di Falkland atau dikenal sebagai Malvinas oleh orang Argentina, menjadi menarik, pasalnya 40 tahun lalu, di lokasi yang sama rudal Rapier ditempatkan di Falkland.

Baca juga: Inggris Resmi Pensiunkan Rudal Rapier, Selamat Datang Sky Sabre Air Defence System

Penempatan Rapier di Malvinas sontak menjadi kunci dari kejayaan Rapier, lantaran rudal SHORAD buatan British Aerospace dengan kecepatan Mach 2.5 ini berhasil merontokan beberapa jet tempur Argentina. Dari beberapa literasi, disebutkan Rapier setidaknya telah menjatuhkan 14 unit pesawat tempur Argentina.

Buntut dari sengketa selama lebih dari 200 tahun, Argentina nekad menginvasi Falkland dan mengibarkan Bendera Argentina pada 2 April 1982. Inggris kemudian bereaksi dengan mengirimkan Satuan Tugas ke Atlantik Selatan dan memberlakukan blokade laut dan udara di garnisun besar Argentina di Kepulauan Falkland. Georgia Selatan direbut kembali, dan sebuah pos logistik dan pementasan besar didirikan di Pulau Ascension untuk mendukung Gugus Tugas.

Argentina tidak lama berdiam di Falkland, persisnya pada 14 Juni 1982, pasukan Argentina di Malvinas menyerah kepada Inggris. Namun, sampai saat ini efek perseteruan antara Inggris dan Agentina masih ada. Kilas balik ke November 2020, saat itu melakukan melakukan embargo penjualan komponen untuk jet tempur FA-50 Fighter Eagle yang akan dijual Korea Selatan ke Argentina.

Persisnya ada enam komponen utama pada FA-50 yang berasal dari Inggris. Dua dari enam komponen penting asal Inggris yang ada di keluarga jet tempur FA-50 Fighter Eagle adalah penggunaan kursi pelontar buatan Martin Baker dan Head Up Display (HUD) yang dipasok oleh BAE Systems.

Berita penempatan Sky Sabre Air Defence System diwartakan oleh armyrecognition.com (1/2/2022). Tidak dijelaskan berapa unit baterai Sky Sabre yang ada di Malvinas. Sejak konflik 1982, Inggris menempatkan garnisun di Falkland, yang terdiri dari elemen matra darat, laut dan udara.

Baca juga: SS Atlantic Conveyor – Kisah Tragis Kapal Kontainer yang Diubah Menjadi ‘Kapal Induk’

Inti dari Sky Sabre Air Defence System adalah rudal CAMM (Common Anti-Air Modular Missile) – Land Ceptor, yaitu jenius rudal yang sama yang digunakan di kapal perang (Sea Ceptor) dan berbagi komponen dengan munisi dari rudal udara ke udara ASRAAM. Kesamaan platform rudal dipercaya dapat membawa efisiensi logistik yang besar serta penghematan biaya operasional. (Gilang Perdana)

2 Comments