Saat F-35 Jatuh dan Pilot Selamat, Jadi Prestasi Bagi Martin Baker MK16

Dari insiden jatuhnya dua jet tempur F-35 dalam waktu berdekatan, yaitu 17 November 2021 yang menimpa F-35B Inggris di Laut Mediterania dan 24 Januari 2022 yang menimpa F-35C AS di Laut Cina Selatan, sejatinya justru mengangkat pamor dan citra positif dari Martin Baker. Ya, manufaktur kursi lontar (ejection seat) asal Inggris ini secara tak langsung kebagian berkah, lantaran produk dari Martin Baker sukses menyelamatkan nyawa dua penerbang F-35.

Baca juga: Martin Baker – Sang Penyambung Nyawa Pilot Pesawat Tempur 

Dari akun Twitter @MB_EjectEject, pasca insiden F-35C yang gagal landing di kapal induk USS Carl Vinson, Martin Baker menyebut bahwa produk kursi lontarnya total telah menyelamatkan 7.665 kali proses lontar pilot yang harus keluar dari kokpit dalam kondisi mendesak.

Martin Baker merancang ejection seat yang diberi label MK16. System Development & Demonstration (SDD) Ejection Seat MK16 telah dipilih oleh Lockheed Martin sebagai standar kursi lontar pada semua varian jet tempur F-35. Martin Baker MK16 sebelumnya sudah digunakan pada T-6 Texan II, Eurofighter Typhoon dan NASA T-38N.

Kursi lontar MK16 diklaim oleh Martin Baker sebagai satu-satunya yang memenuhi syarat kriteria anti cedera leher (NIC/Neck Injury Criteria). Sejauh ini sudah 600 unit kursi lontar MK16 yang dikirim Martin Baker ke Lockheed Martin. Dari kontrak untuk memasok MK16 pada F-35, kini telah menciptakan 700 lapangan pekerjaan, mendukung 66 pemasok yang tersebar di 20 wilayah di Inggris.

Dari spesifikasi, Martin Baker MK16 dapat digunakan pada posisi zero/zero in near level attitude. Meski begitu, ada batasan untuk pelontaran, yaitu maksimum dapat dilakukan di ketinggian 15.250 meter. Tenaga pelontaran bersumber dari catapult dan underseat rocket motor. Saat kursi terlontar maka kecepatannya mencapai 600 KEAS (Knots Equivalent Air Speed) – setara 308 meter per detik.

Baca juga: Inilah К-37-800М – Kursi Pelontar di Helikopter Serang Kamov Ka-50/Ka-52

Seperti pada umunya kursi lontar untuk jet tempur, maka pada MK16 sudah dilengkapi pasokan oksigen, seat survival kit, thermal cooling, parasut IGQ type 6000 aeroconical 4-colour sampai harnes type MG5. (Bayu Pamungkas)

9 Comments