Zhuhai AirShow 2022 – Cina Pamerkan Drone Wing Loong 10 Varian Peperangan Elektronika

Zhuhai AirShow atau dikenal juga sebagai China AirShow 2022, hari ini, 8 November 2022 resmi dibuka. Sebagai agenda rutin, kekuatan dan kemajuan teknologi dirgantara Negeri Tirai Bambu diperlihatkan untuk memperkuat pamor serta mendukung strategi propaganda. Selain untuk pertama kalinya, penempur stealth Chengdu J-20 akan diperlihatkan dari dekat di hadapan publik, Zhuhai AirShow 2022 juga menampilkan beragam alutsista canggih Cina, khususnya pada rancangan drone.

Baca juga: Cina Tampilkan Drone Kombatan Anyar Bermesin Turbojet, Wing Loong 10

Salah satunya yang dipamerkan adalah drone Wing Loong 10, meski bukan pertama kali hadir di Zhuhai AirShow, ada kabar bahwa Wing Loong 10 kini sudah melepas predikatnya sebagai prototipe. Dikutip dari eurasiantimes.com (7/11/2022), Wing Loong 10 yang telah mendapat kode resmi sebagai WZ-10 atau WL-10 Cloud Shadow telah digunakan oleh milter Cina.

Dari laporan media lokal Cina, Wing Loong 10 yang dioperasikan militer Cina diperankan sebagai peperangan elektronika – Electronic Warfare (EW)-UAV. Prototipe Wing Loong 10 pertama kali diperlihatkan di Nanchang AirShow 2020.

Sesuai informasi awal, Wing Loong spesialis EW dirancang untuk menemukan sinyal elektromagnetik antara 100-300MHz pada jarak 200 kilometer. Drone ini memiliki berat lepas landas maksimum (MTOW) 3.200 kg, serta dapat terbang sampai ketinggian 12.500 meter, dan memiliki kecepatan 520 km per jam. Mampu terbang sejauh 4.000 km dengan endurance 20 jam, maka Wing Loong 10 didapuk masuk ke kelas drone HALE (High Altitude Long Endurance)

Sekilas pandang, Wing Loong 10 tidak terlalu besar, yakni jika dibandingkan dengan drone RQ-4 Global Hawk atau WZ-7 Soar Dragon. Untuk menjalankan misi peperangan elektronika, WZ-10 dibekali perangkat ECM (Electronic Countermeasure ) atau ELINT (Electronic Intelligence), yang spesifikasinya dirahasiakan.

ECM berfungsi untuk menonaktifkan radar dan sistem komunikasi radio lawan dan senjata yang menggunakan sistem elektromagnetik, infrared, atau laser sebagai sistem pemandu atau pembidik. Sedangkan ELINT mengacu pada kemampuan untuk mengumpulkan data intelijen yang menggunakan sensor elektronik.

Wing Loong-10 adalah drone HALE yang menampilkan beberapa karakteristik stealth. Varian EW didasarkan pada drone yang dikembangkan oleh Chengdu Aircraft Industry Group. Selain diujukan untuk kebutuhan militer, Chengdu Aircraft juga mengembangkan Wing Loong 10 untuk mendukung kebutuhan riset sipil.

Wing Loong 10 ditenagai mesin jet ZF850 yang punya daya dorong 1.000 kg. Namun, ada kabar bahwa Wing Loong 10 varian EW menggunakan mesin jet turbofan AKF-088C.

Baca juga: [Video] Wing Loong 10 Meteorological Observer – Drone Tempur yang Diubah Jadi Wahana Pengamat Cuaca

Sebagai drone tempur Wing Loong 10 mampu membawa payload senjata hingga 200 kg. Dari beberapa persenjataan yang diperlihatkan, nampak Wing Loong 10 mampu dipersenjatai rudal udara ke darat BA-7, bom berpemandu laser YZ-212, bom antipersonel YZ-102A, dan miniature guided bomb LS-6 yang beratnya 50 kg. (Bayu Pamungkas)