Tandingi Rafale India, Pakistan Konfirmasi Pembelian Jet Tempur Chengdu J-10C

Ketika India mulai kedatangan armada Dassault Rafale, maka menjadi perhatian bagi Pakistan untuk meningkatkan kemampuan udaranya. Lantaran bersekutu dengan Cina, maka hal paling mudah untuk mendatangkan jet tempur penanding Rafafe adalah dari Negeri Tirai Bambu, apalagi Cina-Pakistan sudah punya history kerja sama dalam pengembangan dan produksi JF-17 Thunder.

Baca juga: Ada Jet Tempur Chengdu J-10C Tanpa Identitas di Pakistan, Mencuatkan Beragam Spekulasi

Dan setelah selama ini menjadi pembahasan di komunitas pertahanan, dari lama dalam situs indiatoday.in (28/12/2021), Pemerintah Pakistan lewat Interior Minister, Sheikh Rasheed mengungkapkan bahwa negaranya akan secara penuh mengoperasikan jet tempur Chengdu J-10C generasi 4++ pada Maret 2022, dimana pada 23 Maret, keberadaan J-10C akan diikutkan dalam parade HUT angkatan bersenjata Pakistan.

Sebelumnya pihak Pakistan membantah adanya laporan pengadaan J-10C, perihal riuhnya J-10C untuk Pakistan terendus saat kedatangan J-10C ke Pakistan dalam rangka latihan udara bersama Cina-Pakistan terjadwal “Shaheen-IX.” Saat itu disebutkan disebutkan AU Cina mengerahkan jet tempur Chengdu J-10C dan Shenyang J-11, serta pesawat angkut Xian Y-20 Kunpeng. Sementara Pakistan dalam latihan mengerahkan armada JF-17 Thunder. Tapi ada yang menarik dari latihan udara ini, yaitu pada sosok J-10C yang diboyong Cina.

Dari tangkapan foto, nampak sebuah J-10C yang ikut dalam latihan tidak menggunakan atribut dan identitas pengenal di sekujur bodinya. Umumnya identitas berupa badge kesatuan dan nomer pesawat terdapat pada vertical stabilizer dan belakang fuselage, namun J-10C ini tampil bersih dari livery.

Dengan kehadiran J-10C misterius tersebut, maka pilot Pakistan dapat mengevaluasinya atau bahkan secara diam-diam menerbangkannya ketika terjadi krisis militer. Tindakan seperti itu kerap dirahasiakan dan hanya diungkapkan melalui sumber pihak ketiga.

Pakistan kabarnya memesan dua skuadron J-10C (36 pesawat). Diyakini bahwa J-10C Pakistan akan dilengkapi dengan mesin Shenyang WS-10 China dan akan membawa rudal udara ke udara jarak jauh PL-15. Sesuai informasi, J10-C mengusung avionik dan persenjataan yang identik dengan JF-17 Blok 3 yang kelak juga akan dioperasikan AU Pakistan. JF-17 Blok 3 menawarkan lebih sedikit biaya operasional dan persyaratan pemeliharaan. sedangkan J-10C memiliki performa terbang yang jauh lebih baik dalam hal kecepatan, ketinggian, dan kemampuan manuver, serta rangkaian sensor yang lebih mumpuni.

Baca juga: Chengdu J-10S Ditching di Sungai Jialu, Bukti Ketangkasan Penerbang Tempur Cina

Chengdu J-10C sudah dipasangkan teknologi radar AESA (Active Electronically Scanned Array). Tidak itu saja, J-10C dikabarkan juga dibekali kemampuan mesin dengan thrust vector 3D. Pihak Cina sesumbar bahwa J-10C dapat mengalahkan kemampuan F-16 Viper dan Sukhoi Su-35SK. (Gilang Perdana)

10 Comments