Sosok Kapal Selam Misterius Yuan Class Type 039C Terekam Secara Candid

Sebuah rekaman video dari akun TikTok rupanya telah menyita perhatian para analis militer global, pasalnya dalam rekaman tersebut nampak sosok kapal selam diesel listrik terbaru Cina yang selama ini identitasnya begitu diburu oleh intelijen asing. Dari capture dalam rekaman video, diduga kuat yang dimaksud adalah Type 039C, yakni varian terbaru dari kapal selam Yuan Class.

Baca juga: Dilengkapi Teknologi AIP, Cina Mulai Bangun Kapal Selam S26T Pesanan Thailand

Dari tampakan di capture yang dipublikasikan shephardmedia.com (23/6/2021), kapal selam Type 039C seperti sedang berlayar di jalur sungai dengan diapit oleh dua kapal tunda. Selain informasi tentang Type 039C yang masih terbatas, ada beberapa hal yang menjadi daya tarik intelijen untuk mengendus lebih jauh tentang kapal selam ini.

Dibandingkan Yuan Class (Type 039A – disebut juga Type 041 atau S26T dalam versi ekspor)Β  yang saat ini sudah dioperasikan oleh Angkatan Laut Cina, maka Type 039C punya tampilan berbeda, terutama dari desain conning tower, upper rudder pada bagian ekor dan lambung yang terlihat lebih ‘bersih.’

(Navalnews.com)

Sebelum ini, penampakan kapal selam Type 039C sempat diperoleh secara candid. Dikutip dari navalnews.com (12/5/2021), sosok kapal selam ini berhasil difoto dari dalam kendaraan yang sedang melaju. Dari paparan Open Source Intelligence (OSINT), kapal selam di foto candid dipasangi terpal merah pada haluannya. Ini tidak biasa untuk kapal selam yang baru dibangun, kemungkinan itu dilakukan untuk menyembunyikan kubah sonar yang tergolong sensitif.

Dibandingkan dengan kapal selam Yuan Class yang sudah beroperasi, maka Type 039C nampak didesain ulang secara radikal. Bahkan, bila dicermati, desain menara dan lambung Type 039C mirip dengan kapal selama buatan Swedia, A26 Class.

Jepretan foto candid Type 039C diposting pertama kali di Weibo pada 7 Mei 2021, tetapi baru mendapat perhatian yang lebih luas baru-baru ini. Dari identifikasi lokasi, kemungkinan foto diambil dari atas jembatan di Kota Wuhan. Dilanjutkan dari identifikasi pada obyek konstruksi atas beberapa bangunan dalam foto, menegaskan bahwa kapal selam itu berada di Wuchang Shipyard, yang berada di pusat kota Wuhan.

Wuchang Shipyard memang berada di pusat kota Wuhan, tetapi belakangan galangan tersebut telah mempunyai fasilitas baru yang jauh lebih besar di ujung Sungai Yangtze. Fasilitas produksi kapal selam yang baru ditaksir punya luas sepuluh kali lebih besar dibanding fasilitas produksi lama, disebut-sebut fasilitas produksi kapal selam baru tersebut membentang sepanjang lebih dari 1,5 mil di tepi sungai.

Baca juga: Cina Perbesar Fasilitas Produksi Kapal Selam AIP di Wuhan

Bila merujuk ke Yuan Class (Type 039A), maka kapal selam ini punya panjang 77,7 meter dan lebar 8,6 meter. Punya bobot 2.550 ton, kapal selam ini digadang dapat menyelam sampai kedalaman 300 meter. Endurance kapal selam ini dapat diperpanjang hingga 65 hari dengan kombinasi penggunaan AIP (Air Independent Power) closed-circuit Stirling engines dan sistem diesel listrik konvensional. (Gilang Perdana)

24 Comments