Saab Lakukan First Metal Cut untuk Gripen F Pesanan Brasil

Selama ini publikasi seputar Gripen E (single seater) terbilang masif, terlebih jet tempur yang telah dipesan AU Swedia dan AU Brasil ini telah sukses terbang perdana pada 15 Juni 2017. Namun jangan lupa, Saab tak hanya menawarkan Gripen E saja, pasalnya ada Gripe F (twin seater) yang dirancang sebagai varian latih. Yang jadi pertanyaan, Gripen F hampir tak terdengar pengembangannya, padahal delapan unit Gripen F telah dipesan Brasil.

Baca juga: Ada Kemiripan, Antara Layar Sentuh di Kokpit KFX dan Gripen E

Rupanya Saab menjawab pertanyaan di atas, dari siaran pers yang dikirimkan pada 26 Maret 2020, disebutkan fasilitas produksi Saab Aeronautics di kota Linköping, Swedia, telah memulai fase penting dalam produksi Gripen F, yaitu dengan dimulainya first metal cut atau pemotongan logam pertama untuk Gripen F.

Gripen F dikembangkan untuk AU Brasil dan memiliki desain dan fitur canggih yang sama dengan Gripen E. Yang membedakan, karena ada kursi ganda, Gripen F memiliki mode pelatihan untuk satu anggota kru dan mode di mana kedua awak dapat berbagi beban kerja dengan pengaturan tampilan yang berbeda. Lain dari itu, pembeda yang cukup kentara antara Gripen E dan F adalah, pada varian Gripen F tidak dilengkapi kanon internal dan kapasitas tangki bahan bakar internal tidak sebesar di Gripen E.

Gripen D milik AU Afrika Selatan

Pemotongan logam pertama untuk Gripen F difokuskan untuk bagian saluran udara, tepat di belakang kokpit pesawat. Program Gripen F melibatkan kemitraan antara Saab dan perusahaan asal Brasil, seperti Embraer, AEL Sistemas, Akaer dan Atech. Saat ini, sekitar 400 insinyur bekerja dengan pengembangan Gripen F, terutama di Gripen Design and Development Network (GDDN) di pabrik Embraer di Gavião Peixoto, Negara Bagian São Paulo, Brasil. Sebagai bagian dari komitmen Transfer of Technology, nantinya proses manufaktur akan berlangsung di Swedia dan Brasil.

Baca juga: Saab Indonesia Suguhkan Desain Gripen dalam 4 Livery Unik, Ini Filosofinya!

Untuk mencapai tahapan produksi, Gripen F nantinya harus melalui sejumlah pengujian yang ketat, seperti engine ground test, sebelum dinyatakan layak untuk terbang perdana. Brasil telah memesan 28 pesawat tempur Gripen E yang akan dikirim ke Brasil mulai dari tahun 2021 dan delapan pesawat tempur Gripen F yang mulai dikirim pada tahun 2023. Saat ini, Saab tengah menawarkan Gripen E/F kepada AU Finlandia. (Haryo Adjie)

24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *