MBDA Systems Rilis Keluarga Rudal ‘Generasi Kelima’ Akeron – Akeron MP dan Akeron LP

Ada kabar terbaru dari MBDA Systems, manufaktur sistem rudal ternama yang bermarkas di Perancis ini telah merilis keluarga rudal baru yang disebut Akeron. Oleh MBDA, Akeron digambarkan sebagai rudal taktis generasi kelima yang terdiri dari dua jenis rudal, yakni rudal anti tank Akeron MP dan rudal udara ke permukaan Akeron LP.

Baca juga: MBDA Tampilkan Senjata Laser Anti Drone di Renault Sherpa Light 4×4

Sebelumnya, Akeron MP disebut sebagai Missile Moyenne Portée (Medium-Range Missile), dan Akeron LP sebelumnya disebut sebagai MHT/MLP (High Tier Missile/Long Range Missile).

Pihak MBDA dalam siaran pers (8/6/2022) mengatakan, Akeron dirancang untuk realitas operasional dengan menggabungkan teknologi terbaru dalam hal pencitraan multi-band resolusi tinggi, hulu ledak multi-efek (anti tank, anti infrastruktur, anti personil), tautan data (datalink), dan multi algoritma panduan berdasarkan teknik kecerdasan buatan (AI).

Akeron menawarkan kemampuan operator untuk memiliki spektrum opsi taktis terluas untuk menangani target mereka, berkat banyaknya kemungkinan mode keterlibatan yang mencakup – fire and forget, human in the loop, locking the target before firing (LOBL), dan locking on after firing (LOAL) dengan pola penembakan beyond line of sight (BLOS). Dan berikut spesifaksi dari dua rudal Akeron, yakni Akeron MP dan Akeon LP.

Akeron MP
Melihat desain Akeron MP maka banyak yang menyebutnya identik dengan FGM-148 Javelin. MBDA menyebut rudal taktis generasi kelima ini dapat dilepaskan dari platform di darat (ground based) dan kapal laut (naval based). Rudal beroperasi dengan teknik fire and forget dan mode Man On The Loop yang menjadi ciri khas rudal anti tank modern.

Akeron MP mengandalkan pemandu dari kombinasi infrared dan TV tanpa pendingin. Meski utamanya disasar untuk menghancurkan MBT (Main Battle Tank), namun Akeron MP dipercaya handal untuk menghancurkan sasaran berupa basis perkubuan dan infrastruktur.

Akeron MP punya berat (termasuk tabung peluncur) 15 kg. Panjang rudal di dalam canister 1,3 meter dengan diameter 140 mm. Bicara tentang jarak tembak, Akeron MP dapat menjangkau sasaran sejauh 4.000 meter. Untuk jalur kendali, menggunakan fiber optic (serat optik) yang menghasilkan respon real time dan bebas jamming.

Akeron LP
Dari tujuan sasaran, Akeron LP dan Akeron MP boleh dikata sama, namun, Akeron LP dirancang untuk diluncurkan dari udara, dan dipersiapkan oleh MBDA sebagai senjata pamungkas pada helikopter serang Tiger.

MBDA mengklaim Akeron LP sebagai rudal multirole jarak jauh generasi ke-5 tercanggih yang mengusung teknologi tingkat tinggi dalam hal optronik, hulu ledak, tautan data frekuensi radio. Bahkan sistem pemandu dan algoritma pemrosesan gambar sudah berdasarkan prinsip-prinsip kecerdasan buatan dan fusi data.

Baca juga: AGM-114R3 Hellfire – Rudal Penghantar “Api Neraka” dari AH-64E Apache Guardian TNI AD

Akeron LP yang punya kemiripan dengan AGM-114 Hellfire, punya berat 30 – 40 kg dan panjang dalam canister 1,8 meter. Sistem pemandu Akeron LP mengkombinasikan semi active laser, TV dan infrared tanpa pendingin. Bicara tentang jarak tembak, dengan sokongan datalink biderectional frekuensi radio, rudal ini dapat menghajar sasaran maksimum di jarak 20 km. (Gilang Perdana)

6 Comments