Drone Tempur Orion-E Kini Tampil dengan Senjata Baru, Rudal Anti Tank Vikhr

Selain mengintegrasikan pada helikopter serang Mi-28NE dan Mi-35P, ada kabar terbaru dari Kalashnikov Group, disebutkan manufaktur persenjataan kondang tersebut tengah mengadaptasi rudal anti tank Vikhr (Vihr) untuk dipasangkan pada drone tempur Orion-E.

Baca juga: Kalashnikov Sukses Uji Coba Rudal Anti Tank “Vihr” Varian Upgrade

Dalam demo statis saat MAKS 2021, Orion-E terlihat disandingkan dengan Vikhr. Vikhr sejatinya bukan rudal baru, rudal anti tank rancangan KBP Instrument Design Bureau ini sudah digunakan sejak era Soviet pada tahun 1985. Vikhr punya bobot 45 kg, panjang 2,8 meter dan diameter 130 mm. Rudal ini mengandalkan tenaga dari solid fuel rocket dengan pemandu laser beam riding, serta detonasi proximity dan impact.

Keterlibatan Kalashnikov dalam hal ini meningkatkan (upgrade) akurasi rudal dalam peluncuran jarak pendek dan stabilitas penerbangannya. Semua perbaikan yang dilakukan Kalashnikov tanpa mengubah karakteristik taktis dan teknis rudal.

(Foto-foto: Istimewa)

Vikhr dapat mencapai kecepatan 610 meter per detik pada ketinggian antara 10-4.000 meter. Sedangkan jangkauan tembaknya ada di rentang 800-10.000 meter. Ketebalan reactive armor yang bisa ditembus hulu ledak tandem cumulative ini adalah 0,75 meter.

Bila diperbandingkan dengan kubu Amerika Serikat, maka Vikhr identik dengan AGM-114 Hellfire sebagai rudal anti tank yang diluncurkan dari helikopter serang AH-64 Apache dan drone tempur General Atomics MQ-9 Reaper.

Sementara tentang Orion-E, termasuk sebagai drone tempur (UCAV) dengan predikat MALE (Medium Altitude Long Endurance), lantaran Orion-E sanggup terbang terus menerus selama 24 jam pada ketinggian maksimum 8.000 meter dengan jarak jelajah 250 km dalam mode Line of Sight (LoS).

Dari spesifikasi, Orion-E punya panjang 8 meter, lebar bentang sayap 16,3 meter dan tinggi 3,2 meter. Orion-E pada bagian bawah fuselage-nya dilengkapi kubah yang berisi sensor electro-optical/infrared (EO/IR) dengan dua kamera thermal, wide angle TV camera, dan laser range finder/target designator.

Baca juga: Kronshtadt Orion-E – Bukti Eksistensi Rusia di Pasar Ekspor Drone Tempur

Dengan bobot keseluruhan 1.000 kg, kapasitas payload Orion-E maksimum mencapai 200 kg, pihak manufaktur, yaitu Kronshtadt menyebut tipe sensor bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. (Bayu Pamungkas)

14 Comments