For Apache Only! Rudal AGM-114R3 Hellfire Telah Tiba di Indonesia

Foto: Istimewa

Setelah mulai tiba pada Desember 2017 dan pengiriman terakhir tuntas pada April 2018, maka lengkap sudah paket pesanan delapan unit helikopter serbu AH-64E Apache Guardian untuk Puspenerbad. Dari delapan unit AH-64E Apache Guardian, nantinya hanya empat unit yang dipasangi radar “konde” Radar AN/APG-78. Meski begitu, arsenal persenjataan utama berupa rudal anti tank AGM-114R3 Hellfire bakal siap disematkan di kedelapan Apache. Dan ada kabar bahwa rudal yang didatangkan lewat program FMS (Foreign Military Sales) ini telah tiba di Indonesia.

Baca juga: Seluruh AH-64E Apache Guardian Resmi Diserahkan ke TNI AD, Radar “Konde” dan Rudal “Api Neraka” Tidak Terlihat

Dikutip dari akun Instagram @military_buzz, nampak sebuah rudal AGM-114R3 Hellfire tengah dibuka dari kontainer kemasan. Terlihat juga personel Amerika Serikat yang memberikan panduan. Merujuk pada pemberitaan terdahulu, Indonesia Indonesia mempersiapkan logistik amunisi AH-64 Apache, rinciannya berupa 140 unit rudal AGM-114R3 Hellfire dan 32 unit peluncurnya M299A1.

Dalam rentang operasinya yang panjang, Hellfire sudah menelurkan beberapa varian dengan keunggulan dan karakteristik tersendiri. Dan yang paling baru adalah AGM-114R Hellfire II, label R kerap disebut sebagai Hellfire Romeo. Sementara yang di ekspor diberi kode AGM-114R3 Hellfire, selain ada versi R1 dan R2.

Rudal penghantar “api neraka” ini beroperasi dengan pemandu laser semi aktif. Rudal dapat mencari target secara mendiri (autonomous), atau sasaran sudah ditentukan dengan penanda remote laser. Hellfire dilengkapi three–axis inertial measurement unit, memungkinkan rudal menyerang sasaran dari samping dan dari sisi belakang.

Hulu ledaknya dilengkapi dengan mode fragmentasi, yakni akan meledak sesaat sebelum mengenai sasaran. Hulu ledaknya bersifat multi purpose dengan kombinasi kemampuan HEAT, metal augmented charge dan shaped charge, artinya rudal sanggup menghajar sasaran berupa hard, soft, dan enclosed target.

Baca juga: AGM-114R3 Hellfire – Rudal Penghantar “Api Neraka” dari AH-64E Apache Guardian TNI AD

Mengutip sumber dari militaryaerospace.com (18/9/2014), produksi pesanan rudal untuk Indonesia bersamaan dengan order rudal sejenis untuk Irak, Yordania, Qatar dan Arab Saudi. (Gilang Perdana)

34 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *