Wow! Perancis Tawarkan 12 Unit Jet Tempur Rafale Bekas Pakai

Bisa jadi Menteri Pertahanan Prabowo akan dibuat gamang mendengar kabar yang satu ini, pasalnya jika dihadapkan antara membeli jet tempur second-hand (bekas pakai) Eurofighter Typhoon dan Dassault Rafale, mana yang akan dipilih? Sejauh ini memang telah terjalin komunikasi dengan Kementerian Pertahanan Austria untuk pembicaraan pembelian 15 unit Typhoon. Namun, ada kabar bahwa Perancis juga ikut menawarkan Rafale bekas pakai.

Baca juga: Menhan Austria Beri Respon Positif Atas Surat Prabowo, Inilah Dua Opsi Penjualan Eurofighter Typhoon ke Indonesia

Betapa tidak, sebelum opsi rencana akuisisi Typhoon Austria mengemuka, justru kabarnya Rafale-lah yang dipikat terlebih dahulu oleh Menhan Prabowo, khususnya saat lawatan ke Perancis pada Januari lalu. Mengutip sumber dari airrecognition.com (15/10/2020), disebutkan Chief of Staff of the French Armies, Jenderal François Lecointre pada 14 Oktober 2020 telah mengonfirmasi tawaran penjualan 12 unit Rafale bekas pakai AU Perancis kepada Kroasia.

Tawaran tersebut merespon kebutuhan AU Kroasia yang akan memensiunkan armada MiG-21Bis/UM. Meski ditawarkan ke Kroasia, ada kabar yang menyebut Yunani rupanya juga tertarik untuk membeli 12 unit Rafale second tersebut, itu di luar paket pembelian 18 unit Rafale yang prosesnya tengah berjalan saat ini.

“Saya belum tahu detailnya, dari skadron mana pesawat-pesawat yang akan dijual nantinya akan akan diambil,” kata Jenderal François Lecointre.

Jika akhirnya Kroasia memilih untuk membeli 12 Rafale bekas pakai Perancis. Maka itu akhirnya akan menjadi kemenangan tersendiri bagi tren penjualan jet tempur bekas pakai, pasalnya Kroasia kini juga tengah menimbang-nimbang tawaran dari AS dengan F-16 Viper dan dari Swedia dengan Gripen C/D. Menteri Pertahanan Kroasia Mario Banožić telah mengindikasikan bahwa pemenang tender akan diumumkan pada 12 Desember mendatang.

Rafale B di Lanud Halim Perdanakusuma.

Baca juga: [Polling] Bila Sukhoi Su-35 Batal Dibeli Indonesia, Pilihan Utama Netizen Jatuh Pada Rafale

Meski belum ada indikasi Perancis menawarkan ke-12 Rafale kepada Indonesia, namun, bila melihat peluang adanya penjualan jet tempur idaman bekas pakai ini, mungkinkah nantinya menarik minat Indonesia? Kita tunggu perkembangan selanjutnya. (Gilang Perdana)

35 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *