[Video] Untuk Pertama Kali Sejak Perang Dunia II, Kapal Induk Jepang Didarati Pesawat Tempur (F-35B)

(Foto: JMSDF)

Menjelang November 2021, dimana armada jet tempur F-35B milik Korps Marinir AS (USMC) mulai ditempatkan di kapal induk (helikopter) JS Izumo (DDH-183), maka belum lama ini telah dilakukan uji coba perdana untuk prosesi take-off and landing oleh penempur stealth besutan Lockheed Martin tersebut. Dua unit F-35B dari The “Bats” of Marine Fighter Squadron (VMFA) 242 berhasil melalukan prosesi bersejerah itu pada 3 Oktober lalu.

Baca juga: Mulai November 2021, Korps Marinir AS Mulai Tempatkan F-35B di Kapal Induk Jepang JS Izumo

Momen uji coba take-off and landing F-35B pada kapal induk Jepang, sekaligus menandakan untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II, kapal perang Jepang kembali meluncurkan pesawat tempur. Dua F-35B terbang dari Marine Corps Air Station Iwakuni, Jepang, untuk menguji hasil modifikasi dek pada JS Izumo. “Kami tidak hanya mengumpulkan berbagai data verifikasi, tetapi juga melakukan berbagai pelatihan dan pendidikan yang diperlukan untuk pengoperasian jet tempur F-35B di kapal angkatan laut, meningkatkan interoperabilitas antara Jepang dan AS,” ujar juru bicara Japanese Maritime Self-Defense Force (JMSDF) seperti dikutip news.usni.org.

Izumo menyelesaikan modifikasi dua tahap pertama pada bulan Juni lalu, yang akan memungkinkannya untuk mengoperasikan F-35. Modifikasi tahap awal yaitu menambahkan lapisan tahan panas ke dek penerbangan dan menandai jalur penerbangan untuk operasi F-35B. Pekerjaan konversi akhir Izumo Class akan berlangsung pada Tahun Anggaran 2025, sementara kapal induk kedua, JS Kaga (DDH-184) akan menerima modifikasi penuh pada TA 2022.

Tahap kedua dari konversi Izumo Class akan merubah bentuk haluan kapal, bersama dengan konfigurasi ulang interior yang akan memungkinkan Jepang untuk memulai dan mengoperasikan F-35 sepenuhnya.

Modifikasi JS Izumo dan JS Kaga dikaitkan dengan rencana pembelian 42 unit F-35B oleh JSDF. F-35B JSDF pertama akan tiba pada tahun 2023 dan F-35 milik USMC diperkirakan akan terus beroperasi dari kedua kapal saat Jepang menyesuaikan diri untuk menggunakan pesawat tempur. JMSDF telah melakukan serangkaian keterlibatan dan latihan operasi dengan F-35B yang berasal dari HMS Queen Elizabeth – Carrier Strike Group 21 (CSG21) Inggris saat mereka berada di Jepang pada awal September 2021.

Baca juga: Persiapkan Kedatangan Jet Tempur F-35B, Jepang Mulai Modifikasi Kapal Induk JS Izumo

Kementerian Pertahanan Jepang di masa lalu telah meremehkan operasional F-35 dari JS Izumo dan JS Kaga, dengan mengatakan bahwa penempur ditempatkan di kapal bila diperlukan karena kepekaan mengenai apakah kemampuan dan mendorong Jepang melewati batas-batas batasan konstitusionalnya. Dengan pengoperasian F-35B Jepang, kelak akan menandai pertama kalinya sejak Perang Dunia II Jepang akan mengoperasikan pesawat tempurnya sendiri dari kapal angkatan lautnya. Kaga adalah senama dari kapal induk Jepang yang digunakan saat Perang Dunia II. (Gilang Perdana)

10 Comments