[Video] Manuver Ekstrim Kamov Ka-52 Alligator, Ekor Helikopter Hampir Sentuh Permukaan Air!

Sebuah rekaman video amatir memperlihatkan manuver super ekstrim dari dua helikopter serang Rusia dari jenis Kamov Ka-52 Alligator. Manuver tersebut dilakukan saat hovering di sebuah danau reservoir di Ukraina. Video pertama kali diposting di Telegram oleh akun @ordamordorabot dan sejak itu beredar luas di jaringan media sosial lain.

Baca juga: [Video] Rudal Anti Tank Stugna P Tembak Jatuh Helikopter Serang Kamov Ka-52 Alligator

Dalam video di bawah ini terdapat dua Ka-52 terlihat muncul dari kejauhan. Yang pertama perlahan-lahan turun untuk terbang menyamping sejajar dengan air di bawahnya. Saat helikopter mendekati garis daratan, helikopter itu dengan cepat bermanuver keluar dari posisinya untuk memamerkan kemampuan terbang menyamping yang menjadi ciri khasnya.

Besar kemungkinan hal tersebut karena pilot ingin memberi pertunjukan kepada orang-orang yang ada di pinggir danau. Ka-52 kemudian terbang hanya semeteran di atas air sebelum bermanuver dengan keras, dan tampak hampir lepas kendali dengan ekornya yang hampir mengenai permukaan air. Hebatnya, sang pilot mampu menstabilkan helikopter dan mencapai ketinggian aman. Saat Ka-52 kedua terbang di ketinggian yang lebih tinggi, tanda ‘V’ yang khas dapat dilihat.

Kamov Ka-52 ditenagai dua mesin turboshaft Klimov VK-2500, dimana tiap mesin dapat menghasilkan tenaga 2.400 hp. Mesin di Ka-52 sudah mengusung fitur full authority digital control system (FADEC). Dengan bobot maksimum saat tinggal landas 10,8 ton, Ka-52 dapat melesat hingga 300 km per jam, kemampuan menanjak Ka-52 mencapai 12 meter per detik dan dapat terbang sampai ketinggian 5.500 meter. Ka-52 dapat terbang direct sejauh 460 km, atau dengan ferry flight hingga 1.100 km.

Baca juga: Tangkal Serangan Rudal MANPADS, Rusia Pasang Perangkat Jammer DIRCM di Helikopter Serang Kamov Ka-52

Helikopter dengan tandem seat (posisi side by side) ini dilengkapi kursi pelontar untuk evakuasi pilot dalam kondisi darurat. Ka-52 dipersenjatai dengan kanon 30 mm dan hingga 12 rudal anti-tank Vikhr. Heli ini juga dapat membawa roket (unguided) dan rudal udara ke udara Igla-V. (Bayu Pamungkas)

13 Comments