[Video] Lihat dari Dekat Ranpur Pindad Anoa 3 di Indo Defence 2022

Dari ajang Indo Defence 2022 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran (2 – 5 November 2022), diketahui bahwa PT Pindad bermaksud untuk mengembangkan varian lanjutan dari kendaraan tempur (ranpur) roda ban Anoa, yang disebut Anoa 3 6×6. Seperti halnya rancang bangun panser Anoa terdahulu yang mengadopsi basis panser VAB buatan Perancis, maka untuk Anoa 3, rupanya juga masih bersandar pada basis panser VAB 6×6.

Baca juga: Datang dari Perancis, Ranpur VAB MK3 6×6 dengan Logo Pindad Tampil di Indo Defence 2022

Di Indo Defence 2022, Anoa 3 diperlihatkan dalam demo statis di area indoor. Meski logonya sudah menggunakan nama Pindad dan Anoa, tapi dapat diketahui dari desain, bahwa yang didatangkan ke Indo Defence 2022 adalah ranpur VAB MK3 6×6 produksi Arquus Perancis.

Secara umum, VAB MK3 ditawarkan dalam varian troop transport, law enforcement, fire support vehicle, mortar carrier, command post, ambulance, dan infantry fighting vehicle. Pada versi Anoa 3, adalah jenis APC yang dilengkapi modul senapan mesin berat kaliber 12,7 mm dengan remote control weapon station.

VAB MK3 disebut punya bobot sampai 20 ton, sebagai perbandingan bobot VAB lama hanya 13 ton. Melonjaknya bobot panser lantaran diadopsi material lapis baja ekstra untuk melindungi awak dan pasukan.

Baca juga: Ranpur APC VAB 4×4 Tampil di Ukraina, Bawa Ingatan pada Aksi VAB di Jakarta 1998

Meski ciri khas desain VAB (lama) tak ditinggalkan, tapi ada yang menarik pada tampilan VAB MK3, dimana VAB MK3 sudah mengusung konsep modular. Secara umum, VAB MK3 punya panjang 6,7 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 2,2 meter. Dengan bahan bakar penuh, pada kecepatan 60 km per jam ranpur ini bisa menjelajah sampai 800 km. (Bayu Pamungkas)

4 Comments