Unit Kedua Korvet Stealth Katamaran Tuo Chiang Class Meluncur, Spesifikasinya Bikin Iri

PGG-619 Ta Jiang

Selain tengah membangun kapal selam diesel listrik produksi dalam negeri, postur kekuatan AL Taiwan rupanya kian kokoh dengan hadirnya korvet stealth berdesain katamaran PGG-618 Tuo Chiang atau disebut korvet Tuo Chiang Class. Korvet dengan lambung katamaran memang bukan ini yang pertama, namun Tuo Chiang Class tampil beda, khususnya bila dilihat dari tonasenya yang kecil namun padat persenjataan.

Baca juga: Adopsi Teknologi Jepang, Taiwan Mulai Program Pembangunan Kapal Selam Diesel Listrik

Kapal pertama, PGG-618 Tuo Chiang telah dioperasikan AL Taiwan pada tahun 2014, dan baru pada 25 Desember 2020, kapal kedua, PGG-619 Ta Jiang diluncurkan oleh galangan Lung Teh Shipbuilding. Dibanding kapal pertama, Ta Jiang disebut-sebut mengalami peningkatan kemampuan pada lambungnya. AL Taiwan memproyeksikan pengadaan 12 unit korvet stealth ini, yang harga per unitnya (di luar persentajaan dan sensor) mencapai US$72,3 juta.

Dengan bobot penuh 567 ton, korvet stealth ini diisi dengan cukup padat persenjataan, sebut saja ada 8 peluncur rudal anti kapal Hsiung Feng II, 8 rudal anti kapal/permukaan supersonic Hsiung Feng III, meriam OTO Melara 76 mm pada haluan, kanon reaksi cepat CIWS Phalanx dan dua dudukan untuk senapan mesin berat M2HB kaliber 12,7 mm.

PGG-618 Tuo Chiang

Sedangkan untuk menghadapi peperangan bawah air, korvet ini pun dibekali 2 triple tube launcher torpedo 324 mm. Dengan panjang hanya 60,4 meter dan lebar 14 meter, korvet ini pun sudah dilengkapi hanggar dan flight deck untuk helikopter ukuran sedang.

Sebagai sumber tenaga, korvet canggih ini mengadopsi mesin diesel MTU 20V 4000 M93L (5,766 bhp) dan 4 unit waterjet MJP CSU 850. Dengan desain yang mampu memecah gelombang, kapal kombatan untuk melawan Cina ini sanggup dibawa ngebut sampai 45 knots atau setara 83 km per jam, itu pun dalam kondisi fully armed.

Dirunut dari sejarahnya, program pembangunan korvet dengan 41 awak ini diumumkan oleh Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan pada 12 April 2010. Program ini dikembangkan oleh Naval Shipbuilding Center di Kaohsiung.

Baca juga: HMAS Jerves Bay “Dili Express,” Kapal Katamaran Legendaris Andalan INTERFET

Tuo Chiang Class pada prinsipnya hadir untuk mengatasi kelemahan umum tradisional pada kapal perang kecil seperti kapal patroli dan korvet yang lemah dalam aspek persenjaataan dan kecepatan. Anggaran yang dicangangkan untuk membangun 12 unit korvet ini telah disetujui pemerintah Taiwan dengan nilai sekitar US$853,4 juta. (Gilang Perdana)

23 Comments