Type 815 Dongdiao Class Beraksi (Lagi), Kini Mata-matai Talisman Sabre 2019 di Timur Laut Australia

Ibarat babak awal dalam novel thriller Ghost Fleet, aktivitas militer Amerika Serikat dan sekutunya di kawasan Pasifik kerap mendapat perhatian penuh dari Cina, bentuk perhatian yang dimaksud adalah kegiatan pengintaian alias memata-matai.

Baca juga: Type 815 Dongdiao Class – Kapal Mata-Mata yang ‘Rajin’ Mengintip Aktivitas di RIMPAC

Setelah usaha Cina yang ‘mengintip’ beberapa kali latihan gabungan multinasional RIMPAC (Rim of Pacific) di sekitaran Hawaii, ada kabar terbaru bahwa AL Cina kembali melakukan upaya surveillance pada kegiatan Talisman Sabre 2019, yaitu ajang latihan militer dua tahunan bilateral antara AS dan Australia, dimana pada Talisman Sabre tahun ini kabarnya akan diikuti oleh AL Jepang dan AL Kanada.

Mengutip sumber dari thediplomat.com (8/7/2019), disebutkan sejumlah pejabat pertahanan Australia mengatakan sedang melacak sebuah kapal pengintai AL Cina yang diperkirakan bakal menempati posisi di luar perairan teritorialnya untuk mengawasi kegiatan latihan Talisman Sabre. Letnan Jenderal Greg Bilton, kepala operasi gabungan Angkatan Bersenjata Australia, memprediksi bahwa kapal pengintai Cina kemungkinan menuju Pantai Timur laut Australia dalam kaitan latihan laut gabungan tersebut.

“Kami sedang melacaknya. Kami belum mengetahui tujuan mereka namun kami berasumsi bahwa kapal tersebut akan menuju pantai laut Queensland dan kami akan mengambil langkah yang tepat,” kata Bilton kepada awak media di Brisbane, Ibu Kota Queensland. Dalam latihan berskala besar ini, kedua AS dan Australia akan mengerahkan sekitar 25 ribu personel, selain kapal perang permukaan, juga dikerahkan armada pesawat tempur.

Lantas jenis kapal apakah yang berani mengintai Talisman Sabre? Media di Australia menyebut spy ship yang dimaksud adalah Type 815 auxiliary general intelligence (AGI) vessel. Rupanya ini bukan pertama kali aksi spionase dilakoni Type 815, selain beberapa kali dikerahkan mendekati Perairan Hawaii saat RIMPAC, ternyata pada Talisman Sabre 2017, jenis kapal intai yang sama juga diketahui telah melakukan upaya-upaya intelijen serupa.

Type 815 atau disebut Dongdiao Class adalah kapal mata-mata andalan AL Cina. Sebagai spy ship, maksud dan tujuan kapal ini sudah bisa ditebak, yaitu berusaha mengamati, bahkan jika memungkikan merekam berbagai data-data penting selama aktvitas latihan laut RIMPAC. Diantara informasi penting yang rawan ‘disadap’ adalah jalur komunukasi radio.

Tapi apa saja perangkat perekam dan pendeksi di Type 815 Dongdiao Class masih misteri, sebagai kapal mata-mata, Cina sedari awal menutup rapat-rata jeroan yang ada di kapal dengan bobot 6.000 ton ini.

Beberapa analis militer menduga bahwa apa yang ada di dalam kapal tersebut mencakup alat pendukung operasi intelijen. Hal tersebut ditunjukan dengan keberadaan large spherical radomes dengan diameter 6-8 meter. Antena dalam kubah ini dipercaya berperan untuk ‘menguping’ berbagai jalur komunikasi, sinyal radar, ballistic missile tracking dan berbagai emisi dari uji coba persenjataan lainnya.

Baca juga: Hai Yang 26 Kunjungi Indonesia, Bukti Kekuatan Eksplorasi Laut Cina

Tidak digadang berhadapan secara frontal dengan kapal perang lawan, Type 815 Dongdiao Class hanya dipersenjatai sepucuk kanon twin kaliber 37 mm dan dua pucuk kanon kaliber 25 mm. Kapal dengan panjang 130 meter dan lebar 16,4 meter ini juga dilengkapi fasilitas deck dan hanggar untuk helikopter ukuran sedang. (Gilang Perdana)

One Comment