Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Terkesan Dirahasiakan, Korea Selatan Luncurkan Landing Platform Dock Pesanan Myanmar

Ada yang sedikit beda dari proses pembangunan sebuah kapal di galangan Daesun Shipbuilding & Engineering, Korea Selatan. Sedari tahap awal pembangunan hingga kapal diluncurkan, ada kesan tertutup dari sosok kapal yang diketahui dari jenis Landing Platform Dock (LPD) ini. Karena ada kesan ‘dirahasiakan,’ para pengamat alutsista pun menyandarkan analisa informasi dari citra foto satelit.

Baca juga: USS Makassar Strait – Kapal Induk Amerika Serikat dengan Cita Rasa Nusantara

Dan setelah ditelaah, sang LPD ‘misterius’ yang dimaksud adalah pesanan AL Myanmar – UMS Moattama dengan nomer lambung 1501. Yang unik, sebelumnya pada tahun 2014 antara AL Myanmar dan PT PAL telah ada pembicaraan untuk potensi pembelian LPD Makassar Class.

Bila dilihat dari pasar, idealnya memang pesanan AL Myanmar digarap oleh PT PAL, seperti halnya PT PAL yang sukses meluncurkan dua LPD pesanan AL Fiipina (Tarlac Class). Toh, dengan platform Makassar Class, pihak Daesun Shipbuilding & Engineering selaku pemilik desain tetap mendapatkan ‘royalti’ atas penjualan tersebut.

Dikutip dari Janes.com (5/9/2019), berdasarkan citra Maxar Technologies imagery, para analis pertahanan memperkirakan LPD pesanan Myanmar ini punya panjang 125 meter, lebar 22 meter dan dilengkapi dek ukuran besar yang dapat didarati helikopter sekelas Mi-17. Lewat foto satelit, struktur kapal serbu amfini ini pertama kali teridentifikasi di Pelabuhan Busan pada 2018, dan diyakini kapal tersebut telah diluncurkan di sekitaran Juli 2019.

Makassar Class boleh dibilang tipe LPD yang laris di pasaran. Sejauh ini PT PAL telah memproduksi lima unit LPD ini untuk kebutuhan TNI AL. ‘Pemasaran’ Makassar Class faktanya tak sebatas di Asia, Peru pun ikut mengakuisisi dua unit LPD Makassar Class, dengan skema produksi dilakukan oleh galangan SIMA (Servicios Industriales de la Marina S.A) di kota Callao. Dalam kontrak kerjasama yang diteken tahun 2012, disepakati proyek pembagunan dua unit LPD Makassar Class, yakni BAP Pisco dan BAP Paita dalam periode 2013 – 2017.

Baca juga: BAP Pisco – LPD Makassar Class Made In Peru

Meski aliran bisnis tak terkait ke industri di Indonesia, namun identitas Makassar Class secara langsung merujuk pada entitas ke-Indonesiaan. Tapi perlu dicatat, meski menyandang nama Makassar, namun desain LPD ini sepenuhnya dirancang oleh Daesun Shipbuilding & Engineering, Busan, Korea Selatan. Label Makassar Class dinobatkan lantaran kapal perdana di kelas ini adalah KRI Makassar 590. (Gilang Perdana)

12 Comments