Tanggap Darurat Covid-19, Israel Konversi Manufaktur Rudal untuk Produksi Ventilator

Dalam dunia industri alutsista, nama Israel Aerospace Industries (IAI) sudah begitu dikenal luas, inilah manufaktur dirgantara dan persenjataan yang memproduksi beragam jenis drone battle proven, seperti drone MALE (Medium Altitude Long Endurance) Heron, satelit komunikasi, radar pertahanan hingga rudal udara ke udara dan rudal udara ke permukaan. Namun, lantaran Israel tengah diserang pendemi corona, maka turun perintah dari Kementerian Pertahanan Israel, dimana divisi produksi rudal di IAI dikonversi untuk memproduksi ventilator.

Baca juga: Dampak Corona, MBDA Tutup Sementara Fasilitas Produksi di Perancis dan Italia

Seperti dikutip dari TimeofIsrael.com (2/4/2020), disebutkan bahwa lini produksi baru di IAI baru saja didirikan dan telah mengirimkan 30 ventilator portable untuk Kementerian Kesehatan. Lini produksi IAI dikerahkan, setelah Otoritas Kesehatan Negeri Yahudi mengabarkan kekurangan mesin ventilator di tengah pendemi corona. Sejauh ini di Israel terdapat 5.591 kasus positif dengan empat orang telah meninggal dunia. Masih dari sumber yang sama, stok ventilator di Israel saat ini disebut ada 2.864 unit.

Menteri Pertahanan Naftali Bennett telah berusaha untuk mengambil peran penting dalam respons negara tersebut terhadap pandemi. “Israel harus mengembangkan kemampuan independen dalam segala hal yang berhubungan dengan penanganan pandemi virus covid-19. Kami tidak bisa terus bergantung pada pengadaan dari negara lain. Kita harus mengembangkan kemampuan yang mandiri dan maju,” ujar Naftali Bennett.

Ventway Sparrow.

Proyek produksi ventilator portable melibatkaan pihak Inovytec, yaitu perusahaan yang berpengalaman dalam desain dan perancangan alat medik. Dalam proyek ini, IAI menyediakan fasilitas dan lini produksi. Nama ventilator portable kolaborasi IAI dan Inovytec diberi label Ventway Sparrow. Perangkat ini dirancang ringkas dan tahan lama untuk perawatan darurat anak-anak dan orang dewasa di dalam dan di luar rumah sakit.

Baca juga: Di Tengah Wabah Corona, Eurofighter Lanjutkan Produksi Typhoon Pesanan Kuwait dan Qatar

Ventilator adalah mesin yang berfungsi untuk menunjang dan membantu pernafasan. Ventilator kerap digunakan oleh pasien yang tidak dapat bernafas sendiri, baik karena suatu penyakit atau karena cedera parah. Selain membuat ventilator, IAI dan Inovytec juga tengah merancang alat yang dapat mensterilisasi ruangan secara cepat menggunakan sinar ultraviolet (UV) untuk membunuh virus dan bakteri. (Haryo Adjie)

5 Comments