Dampak Corona, MBDA Tutup Sementara Fasilitas Produksi di Perancis dan Italia

Manufaktur rudal global asal Perancis, MBDA, diwartakan telah menutup fasilitas produksinya di Perancis dan Italia. Sementara fasilitas-fasilitas lain milik MBDA yang tersebar di Jerman, Inggris dan Spanyol akan ditinjau dalam waktu dekat ini. Keputusan penutupan sementara fasilitas MBDA dilakukan sebagai langkah khusus untuk menekan pendemi wabah virus corona yang berdampak luas di kawasan Eropa.

Baca juga: MBDA Milan – Kini Memperkuat Arsenal Senjata Anti Tank TNI AD

Seperti dikutip dari Janes.com (19/3/2020), juru bicara MBDA menyebutkan pihaknya telah menutup fasilitas produksinya yang berada di Cazaux, Bourges, Selles Saint-Denis, La-Croix-Saint-Ouen, dan Le Plessis-Robinson, dimana keduanya berada di Perancis dan ditutup hingga akhir Maret 2020. Sementara fasilitas MBDA di Italia yang berlokasi di La Spezia, Fusaro dan Roma, telah terlebih dahulu ditutup.

“Semua fasilitas kami di Perancis telah ditutup hingga 24 Maret untuk pembersihan mendalam dan untuk merestrukturisasi produksi guna menerapkan langkah-langkah keselamatan yang diminta oleh otoritas Perancis. Semua situs Italia kami telah ditutup selama satu atau dua hari untuk melakukan pembersihan mendalam untuk melengkapi sanitasi harian yang diminta oleh otoritas Italia, “kata juru MBDA.

Satbak Rudal Mistral Atlas. Foto: Istimewa

Selain Perancis dan Italia, MBDA saat ini memiliki fasilitas dan kantor di Aschau am Inn, Schrobenhausen dan Ulm di Jerman; Madrid di Spanyol; London, Stevenage, Bristol, dan Bolton di Inggris; Brussels di Belgia; Warsawa di Polandia; Virginia dan Alabama di Amerika Serikat; New-Delhi di India; Riyadh di Arab Saudi, Doha di Qatar; dan Abu-Dhabi dan Dubai di Uni Emirat Arab.

Baca juga: MBDA Validasi Kemampuan Mistral Sebagai “Rudal Anti Kapal”

MBDA sendiri merupakan mitra pemasok alutsista strategis untuk TNI, tercatat pabrikan ini telah menjual rudal anti kapal Exocet series dan rudal hanud Mistral (peluncur Simbad dan Tetral) ke TNI AL, sementara di lini TNI AD, MBDA juga memasok rudal Mistral dalam peluncur Atlas untuk Satuan Arhanud dan rudal anti tank Milan. (Bayu Pamungkas)

6 Comments