Taiwan Pamer Helikopter Apache AH-64 Livery Hiu Macan, Simbol Agresivitas Lawan Cina?

Ada yang unik dalam gelaran public airshow di Pangkalan Angkatan Darat Hukou, Kabupaten Hsinchu, Taiwan akhir pekan lalu. Selain menampilkan atraksi di udara, militer negara tersebut juga memamerkan livery hiu macan (tiger shark) di helikopter Apache AH-64. Tak ada keterangan resmi dari kementerian pertahanan terkait hal ini. Namun, simbol kerap kali menjadi jawaban implisit dalam merespon sesuatu.

Baca juga: Setelah Inggris, Giliran Taiwan Borong Jackal – Drone Copter Bersenjata Rancangan Turki

Taiwan diketahui baru-baru ini menggelar airshow bertajuk “National Defense Knowledge Tour 112”. Laporan media lokal menyebut, ada sekitar 110 ribu orang yang menghadiri airshow yang berlangsung saat Cina belakangan semakin agresif masuk ke wilayah udara Taiwan.

Sebagaimana gelaran airshow pada umumnya, Taiwan airshow akhir pekan lalu menampilkan demonstrasi darat dan udara, pameran dan pencapaian peralatan militer, pengalaman interaktif militer, talent recruitment, dan pameran.

Sederet Alutsista yang dimiliki Taiwan pun dipamerkan, seperti helikopter pengintai OH-58D Kiowa, helikopter UH-60M Black Hawk, tank tempur CM-11, rudal Patriot MIM-104F (PAC-3), kendaraan lapis baja CM33 Clouded Leopard, M109A5 self-propelled howitzer, helikopter serang Apache AH-64E, dan jet tempur Mirage 2000.

Dari deretan Alutsista itu, dua Apache AH-64E menjadi pusat perhatian lantaran hadir menggunakan livery hiu macan, lengkap dengan gigi, mata, sampai garis-garis layaknya hiu macan di sekujur body Apache AH-64.

Lebih dari itu, di salah satu helikopter dengan livery hiu macan tersebut, tanpak di dalam mulut ‘sang hiu’ terdapat tank yang hancur digigit hiu macan. Sekali lagi, Taiwan tak mengatakan apapun terkait maksud dari livery tersebut, apakah tank tersebut adalah tank tempur Cina atau bukan? Kalaupun tank tersebut adalah tank milik Cina, apakah itu maksudnya Taiwan akan mengalahkan Cina atau bagaimana?

Di penghujung acara, militer Taiwan juga unjuk gigi melakukan apa yang disebut Latihan Operasi Udara- Darat Terpadu, menampilkan manuver terkoordinasi oleh pasukan dari Brigade Lapis Baja 542 Angkatan Darat serta Komando Penerbangan dan Pasukan Khusus, yang melakukan latihan melalui simulasi skenario medan perang.

Pasukan dengan cepat merangsek masuk daerah sasaran, dan di bawah simulasi pertempuran, mereka memberikan perlindungan dan melakukan tindakan taktis, menunjukkan kemampuan tempur komprehensif saat terjadi pertempuran langsung.

Sejak ketegangan Taiwan dan Cina meningkat beberapa waktu belakangan, negara yang berada di pulau kecil itu terus meningkatkan anggaran belanja pertahanan. Namun, tetap saja, peta kekuatan militer Taiwan dengan Cina terlampau jauh. Kendati begitu, Taiwan tak gentar dan terus melawan konfrontasi Cina, baik secara tegas maupun psywar. Apakah livery hiu macan di Apache AH-64 termasuk psywar?

Baca juga: F-16 “Venom” Viper Demo Team – Tampil Sangar dengan Livery Sisik Ular

Hiu macan sendiri dikenal luas sebagai hiu yang ganas, agresif, dan besar. Tak heran bila hiu macan dianggap sebagai salah satu hiu paling berbahaya di dunia. Namun, hiu ganas tersebut saat ini terancam punah. Secara umum, gambaran hiu macan sangat mirip dengan Taiwan, yang dikenal makmur dan kuat secara perekonomian namun terancam punah digempur Cina andai terjadi perang terbuka. (Alp)