Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Setelah Mengudara 40 Tahun, AU India Akhirnya Pensiunkan MiG-21 Bison Mulai September 2019

Setelah menuai polemik atas ‘prestasinya’ dalam duel udara di langit Kashmir pada Februari lalu, ada pernyataan dari AU India bahwa mereka akan memensiunkan seluruh armada MiG-21 Bison mulai bulan depan (September 2019 – red). Pernyataan tersebut disampaikan KSAU India Marshal Birender Singh Dhanoa pada 20 Agustus 2019, setelah banyak pihak yang mempertanyakan pengoperasian pesawat yang aslinya sudah berumur 44 tahun tersebut.

Baca juga: Jadi Korban di Langit Kashmir, Inilah Sosok MiG-21 Bison yang Legendaris

AU India saat ini dikenal sebagai pengguna MiG-21 terbesar di dunia, Negeri Anak Benua tersebut mulai menerima MiG-21 dari Uni Soviet pada periode 1971-1973. Dikutip dari urdupoint.com (20/8/2019), disebutkan 110 unit MiG-21 telah mendapatkan upgrade besar-besaran dan kemudian diberi label MiG-21 Bison. “Kami masih saja menerbangkan pesawat tempur berusia 44 tahun, sementara di jalan raya tidak ada mobil seumur itu yang beroperasi,” ujar Birender Singh.

MiG-21 Bison dengan sejumlah upgrade yang dilakukan merupakan representasi teknologi jet tempur era 80-an. Bison sendiri mewakili generasi terakhir dari keluarga MiG-21, sejumlah upgrade dan peningkatan kemampuan sudah dibenamkan pada MiG-21 Bison, kode resminya adalah MiG-21–93. Beberapa fitur yang ada di MiG-21 Bison mencakup new multimode radar with improved avionics, navigation IFF (Identification Friend or Foe) dan communications equipment. Untuk meladeni duel jarak dekat, Bison dapat membawa stok chaff dan flare lebih banyak.

Untuk urusan persenjataan, meski tua MiG-21 Bison tak bisa dibilang cupu, Bison dapat melepaskan rudal udara ke udara jarak dekat R-73 Archer dan rudal udara ke udara jarak medium R-77 yang dipandu radar. Tidak itu saja, Bison juga dirancang mampu melepaskan bom pintar. Bahkan pilot MiG-21 Bison juga telah dilengkapi Helmet Mounted System, dengan jenis yang serupa pada MiG-29. Dan untuk urusan keselamatan, kemampuan dan kinerja kursi lontar sudah mengalami peningkatan.

Baca juga: Lawan F-16, Mengapa India Kerahkan MiG-21? Ini Kata KSAU India

MiG-21 Bison merupakan hasil upgrade dari MIG-21Bis Fishbed-N. Jumlah MiG-21 Bison yang dioperasikan India saat ini mencapai 125 unit. Sebelum ada pernyataan dari KSAU India, sebenarnya Bison memang akan dipensiunkan bertahap pada akhir tahun 2019, sebagai gantinya adalah HAL Tejas MK1. (Gilang Perdana)

12 Comments