Selain Dua OPV, Tiga Unit KCR-60M TNI AL Juga Akan Dipasangi CMS Advent dari Havelsan Turki

(PT PAL Indonesia)

Sejak November 2021, sudah terdengar kabar bahwa generasi kapal perang terbaru TNI AL, yakni dari jenis kapal patroli lepas pantai – offshore patrol vessel (OPV) 90M yang kini sedang dibangun oleh PT Daya Radar Utama (DRU), akan dilengkapi dengan combat management system (CMS) buatan Havelsan.

Baca juga: Offshore Patrol Vessel Pesanan TNI AL Akan Mengadopsi CMS Buatan Havelsan Turki

Disebutkan Havelsan telah menerima kontrak utama untuk melengkapi OPV TNI AL dengan CMS Advent dan sensor terkait lainnya. Berdasarkan kontrak, Havelsan dan Thales Nederland akan berkolaborasi dalam proyek ini. Thales Nederland akan memasok komponen perangkat keras, tetapi konfigurasi akhir untuk sensor tempur saat itu belum diputuskan.

Nah, rupanya bukan hanya OPV yang akan dipasangi CMS Advent, perisnya kapal perang kelas KCR (Kapal Cepat Rudal) 60M buatan PT PAL Indonesia, dikabarkan juga akan dipasangi CMS buatan Turki tersebut. Havelsan dalam siaran pers mengungkapkan, bahwa saat hari kedua Indo Defence 2022 (3/11), pihaknya telah menandatangani perjanjian dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk memasok CMS Advent untuk kapal patroli kelas KCR-60M dan kapal patroli lepas pantai (OPV).

Masih dari sumber yang sama, Havelsan nantinya akan memasok CMS Advent untuk tiga unit KCR-60M, sementara untuk OPV, ada dua unit yang akan menggunakan CMS Advent.

Advent (Network Supported Data Integrated) SYS, adalah sistem komando dan kontrol generasi terbaru yang dirancang untuk menanggapi kebutuhan pendekatan operasional yang berorientasi pada kekuatan dan didukung jaringan lebih dari satu kapal perang.

CMS Advent menyediakan tautan data taktis yang terintegrasi penuh, termasuk mendukung Link 11, Link 16 dan Link 22, SIMPLE, JREAP, dan VMF, fungsi tautan dapat diakses melalui semua konsol operator dengan Advent SYS. CMS dengan yang dilengkapi sistem pendukung keputusan ini, memiliki arsitektur yang memfasilitasi pengguna untuk membuat keputusan yang cepat dan akurat, dan bertujuan untuk menyajikan struktur yang fleksibel dalam penggunaan senjata dan sensor baru.

Baca juga: TNI AL Setujui Factory Acceptance Tests untuk CMS Terma di KCR-60M

CMS Advent sejauh ini telah terpasang di TCG Kinalida yang merupakan korvet keempat dari Ada Class. Advent juga digunakan sebagai CMS di YCG Burgazada, yaitu kapal pendukung komnukasi, kapal induk helikopter TCG Anadolu, korvet Burak Class, dan beberapa akan melengkapi korvet pesanan AL Pakistan. (Gilang Perdana)

10 Comments