Perkuat Lantamal, KSAL Resmikan Dua Unit KAL 28M Produksi PT Palindo Marine

(TNI AL)

Meski bukan kekuatan utama dalam armada kapal perang, namun keberadaan KAL (Kapal Angkatan Laut) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem pengamanan pada Lantamal (Pangkalan Utama Angkatan Laut). Untuk itu modernisasi pada unsur KAL tetap menjadi perhatian. Seperti pada Senin, 5 April 2021, TNI AL kembali meresmikan dua unit KAL terbaru.

Baca juga: KAL 28M Propeller Untuk Lantamal Kini Berlabel “Pulau”

Dikutip dari tnial.mil.id, kedua unit KAL yang diluncurkan dari Halte Slipway PT. Palindo Marine, Batam, adalah KAL Pandang I-1-72 dan KAL Sarudik I-2-18. Peresmian kedua KAL produksi dalam negeri itu dilakukan oleh KSAL Laksamana TNI Yudo Margono. Kedua KAL masuk dalam kelas KAL 28 meter.

Menurut KSAL, dhipnaming dalam pembangunan kapal perang, merupakan bagian dari rangkaian seremonial pembangunan kapal perang, secara lengkap, seremonial pembangunan kapal meliputi first steel cutting, keel laying, shipnaming, launching, delivery and receiving, commissioning dan terakhir adalah pengukuhan. Selain itu, pembangunan kapal merupakan salah satu upaya dalam pembangunan kekuatan TNI AL.

Dua unit KAL 28M ini memiliki spesifikasi panjang 28 meter, lebar 6,2, berat 90 ton dengan jumlah ABK 15 personel. Kapal patroli Lantamal ini dapat berlayar terus menerus selama 3 hari. Untuk urusan persenjataan, kedua KAL tersebut nantinya akan dibekali senjata utama berupa satu pucuk kanon kaliber 20 mm pada haluan dan dua pucuk senapan mesin berat kaliber 12,7 mm pada bagian deck belakang.

Oerlikon 20mm/MK4 di KAL 28. Foto: Tribun Batam.

Pada KAL 28M terdahulu yang juga dibuat oleh PT Palindo Marine, mengusung kanon Oerlikon 20mm/MK4, lengkap dengan perisai (shield) untuk melindungi gunner. Kanon battle proven buatan Swiss ini mempunyai jarak tembak efektif 1.000 meter dan jarak tembak maksimum 4.000 meter. Kecepatan tembak kanon pengusir perompak ini mencapai 650 proyektil per menit.

Baca juga: Susuri Sungai Kapuas, Presiden Jokowi Gunakan KAL Lemukutan

Sebagai dapur pacu, KAL 28M menggunakan mesin pokok 2x 1.397 kW (MAN 12V D2862 LE476 @2.300 RPM) dan diesel generator 2x 63 kW, 50 Hz, 380 VAC (Perkins PDM 63 @1.500 RPM). Dari performa tersebut, kapal patroli ini memiliki kecepatan maksimal 28 knots dan kecepatan jelajah 18 knots. (Gilang Perdana)

14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *