Penjaga Pantai India Terima Unit Terakhir Vikram Class, OPV Produksi Lokal di Kelas 90 Meter

Topik seputar Offshore Patrol Vessel (OPV) kini sedang ramai dibahas, khususnya setelah berita pemotongan plat baja pertama (first steel cutting) atas dua unit OPV pesanan Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk TNI AL oleh galangan PT Daya Radar Utama (DRU) pada 26 Agustus lalu. Dan masih dari benua Asia, India belum lama ini telah meresmikan pengoperasian ICGS Vigraha, yakni OPV dari Vikram Class yang dioperasikan oleh Satuan Penjaga Pantai India (Indian Coast Guard).

Baca juga: Jenis Kapal Baru TNI AL – Offshore Patrol Vessel, Apakah Itu?

Meski secara desain tak ada kemiripan antara OPV Vikram Class dan OPV rancangan PT DRU, namun hakikatnya sebagai sesama OPV menjadi menarik untuk ditelaah lebih lanjut, terlebih Vikram Class juga digarap oleh galangan swasta nasional. ICGS Vigraha adalah unit terakhir dari tujuh unit Vikram Class yang dibangun galangan Kattupalli Shipyard di Chennai. Kapal ini diluncurkan pada 6 Oktober 2020 dan resmi diresmikan penggunaanya pada 28 Agustus 2021.

Sekilas tentang OPV Vikram Class, kapal patroli untuk lautan lepas ini punya panjang 97 meter, lebar 15 meter dan bobotnya mencapai 2.140 ton. Dengan pasokan dua mesin diesel, OPV ini punya kecepatan maksimum 26 knots, bila menggunakan kecepatan ekonomis 12-14 knots, maka jarak jelajah kapal ini bisa mencapai 9.300 km.

OPV Vikram Class dipersenjatai senjata utama berupa kanon CRN 91 Naval Gun kaliber 30 mm pada haluan dan dua pucuk senapan mesin berat kaliber 12,7 mm dengan RCWS (Remote Control Weapon System). OPV asal Negeri Bollywood ini juga dibekali dengan fasilitas hanggar, plus kehadiran deck helipad yang cukup besar untuk menampung helikopter ukuran sedang.

Berbeda dengan OPV rancangan PT DRU yang merujuk ke spesifikasi militer, Vikram Class digadang untuk tugas penjaga pantai, tanpa ada opsi untuk upgrade mendapatkan senjata ke level rudal anti kapal.

Baca juga: Merapat di Jakarta, India Tawarkan OPV Saryu Class Untuk TNI AL

Meski tidak dijelaskan secara detail, disebutkan Vikram Class sudah dilengkapi radar modern, sistem navigasi dan komunikasi tercanggih di kelasnya dan pod propulsi untuk memberikan kemampuan manuver yang lebih baik. (Bayu Pamungkas)

10 Comments