Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Penampakan Antena IFF Bird Slicer di F-16A Block15 OCU TNI AU

Selain satu rumpun dalam payung ASEAN, antara Indonesia, Singapura dan Thailand disatukan oleh pilihan adopsi jet tempur yang sama, yaitu F-16 Fighting Falcon. Meski begitu, secara fakta memang ada yang berbeda dari F-16 kepunyaan Indonesia. Dari segi tampilan misalnya, beda dengan F-16 Singapura dan Thailand, F-16 TNI AU belum dipasangi perangkat IFF Bird Slicer.

Baca juga: IFF Bird Slicer – Absen di F-16 Fighting Falcon TNI AU

IFF Bird Slicer yaitu antena IFF (Identification Friend or Foe) dalam wujud empat sirip kecil yang disematkan di bagian depan kokpit. Namun ada kabar baik yang datang dari program eMLU (enhanced Mid Life Upgrade) F-16 A/B Block15 OCU (Optional Capability Upgrade) Skadron Udara 3 di Lanud Iswahjudi, Madiun.

Dalam foto yang diposting di akun Instagram @military_buzz, nampak jelas IFF Bird Slicer telah dipasang di F-16A Block15 OCU. Pelaksanaan eMLU sendiri dilaksanakan di Skadron Teknik 042, Lanud Iswahjudi. Dengan terpasangnya IFF Bird Slicer, maka F-16 A/B TNI AU memiliki perangkat yang serupa dengan transponder pesawat sipil untuk mengenali dan memberi tahu suatu posisi pesawat. Namun karena digunakan untuk kebutuhan militer, transponder IFF dilengkapi enkripsi pada sinyal, dengan tujuannya agar proses identifikasi pada sasaran dapat berlangsung senyap.

Foto-Foto: Instagram military_buzz

Jenis antena IFF Bird Slicer yang digunakan di F-16 umumnya merujuk ke AN/APX-109 produksi Northrop Grumman. Transponder AN/APX-109 mengintegrasikan fungsi interrogator, receiver-transmitter reply evaluator, synchronizer, transponder, COMSEC units, dan control functions ke dalam single package untuk menghemat bobot dan ruang.

Tanpa adanya kemampuan IFF, dalam suatu pertempuran udara, baik dalam skenario dog fight (duel jarak dekat) dan beyond visual range (tempur jarak jauh), sangat rentan terjadi salah tembak pada pesawat tempur kawan atau bahkan pesawat penumpang sipil.

Baca juga: Berlangsung Sejak September 2017, Inilah Kabar Proyek eMLU F-16 A/B Block15 TNI AU

Karena desain yang unik, IFF ini masuk kualifikasi sebagai Advanced IFF (AIFF) atau populer dengan sebutan “bird slicer.” Semoga nantinya F-16 C/D Block52ID juga dapat dipasangi IFF Bird Slicer. (Bayu Pamungkas)

4 Comments