Pasukan Khusus Rusia dan Iran Gunakan “Bonex” – Skuter Bawah Air Buatan Jerman

Sebagai dua negara yang bersekutu, maka ada begitu banyak kesamaan persenjataan yang digunakan antara Rusia dan Iran. Selain persenjataan berat, yang menarik pasukan khusus Rusia Spetsnaz dan Pasukan Pengawal Revolusi Iran (Iranian Revolutionary Guard Corps/IRGC), disebut sama-sama menggunakan wahana skuter bawah air – Diver Propulsion Vehicles (DPV) dari merek yang sama.

Baca juga: Piranha Class – Kapal Selam Khusus Spetsnaz dengan Lambung Berbahan Titanium 

Dikutip dari bulgarianmilitary.com (12/3/2023), analis pertahanan laut HI Sutton mengungkapkan sesuatu yang menarik di blognya, yakni memperlihatkan foto kapal selam mini Iran. Dan tepat di sebelahnya, dengan panah merah, yang dimaksud adalah skuter bawah air buatan Jerman dari merek Bonex.

Tidak jelas kapan foto itu diambil. Sutton mengatakan foto itu didapatkan saat parade IRGC yang diadakan di Pelabuhan Bandar Abbas baru-baru ini. Meski tanggal dan lokasi foto tidak disebutkan secara langsung, tersirat bahwa foto tersebut berasal dari sekitar waktu itu.

Suttio mengungkapkan, selain Iran, skuter bawah air Bonex juga dioperasikan oleh pasukan khusus Rusia Spetsnaz. Dilihat dari foto yang dibagikan di blog pribadi HI Sutton, dan saat dia membagikannya, Bonex yang dipasang di sarung militer menunjukkan bahwa ini bukan pembelian sipil.

Skuter bawah air Bonex diproduksi di provinsi Bavaria Jerman oleh Bonex Systems. Selain untuk keperluan militer, skuter bawah ini juga digunakan untuk keperluan sipil, seperti olahraga selam atau teknologi selam.

Menurut pabrikannya, Bonex adalah alat yang sangat baik untuk menyelam dalam maupun menyelam di gua bawah air. Skuter ini tidak terlalu berat, ditambah dengan kualitas baterai tinggi menjadikan skuter bawah air ini dapa tahan lama digunakan. Skuter bawah air dapat membantu penyelam tidak hanya untuk bergerak maju dengan cepat tetapi juga untuk mengangkut peralatan selam.

Bonex Systems sejauh ini telah mengembangkan total enam model jenis skuter bawah air. Tidak jelas model mana yang dimiliki oleh Iran. Skuter Bonex memiliki dimensi antara 218 dan 300 mm. Berat skuter bervariasi dari 15 kg hingga 40 kg. Adapun kedalaman operasional skuter bisa menyelam dari 120 meter hingga 200 meter.

Baterai Bonex dapat bertahan hingga 310 menit pada kecepatan maksimum skuter, tetapi ini hanya berlaku untuk model terbesar. Kecepatan maksimum mencapai dari 60 meter per menit sampai 90 meter per menit.

Beberapa model Bonex hanya dapat bekerja dengan satu baterai. Namun, beberapa bekerja dengan dua atau empat baterai. Ini juga menyiratkan tingkat traksi yang berbeda yang dapat diberikan oleh skuter. Daya dorong bervariasi antara 220 N dan 340 N.

Baca juga: Berdesain Lebih Kompak, Inilah Skuter Bawah Air Divejet 414 Andalan Kopaska TNI AL 

Menurut Bonex Systems, skuter bawah air produksinya cocok untuk semua jenis penyelaman. Yaitu. menyelam di danau, menyelam bangkai kapal, menyelam gua, menyelam laut dalam, dan menyelam eksplorasi. (Gilang Perdana)