Pasukan Israel Mengaku Terkena Kanker Akibat Radiasi Radar Pada Sistem Hanud Iron Dome

Radar ELM-2084

Sistem hanud Iron Dome selama ini dikenal sebagai salah satu alutsista hanud terbaik di dunia. Dikembangkan oleh perusahaan Israel, Rafael Advance Defence System, Iron Dome juga telah diadopsi oleh Angkatan Darat Amerika Serikat dan Singapura. Namun, siapa sangka, di balik kecanggihan sistem hanud tersebut, rupanya telah mengundang komplain dari para mantan awaknya.

Baca juga: Antisipasi Serangan Iran, Israel Pasang Sistem Hanud Iron Dome di Deck Kapal Perang

Dikutip dari Harian Israel Yediot Ahronoth (29/4/2021), disebutkan sekelompok mantan pengawak sistem hanud Iron Dome terkena kanker di akhir masa dinas mereka atau tak lama setelah dinas mereka di dalam tentara Israel berakhir.

Para korban yang mengaku terkena kanker ini berasal dari perekrutan di tahun 2011, dimana terdapat satu pasien kanker dari setiap 80 tentara yang direkrut. Sejauh ini, sudah 240 personel militer Israel yang didiagnosis menderita kanker setelah menjadi pengawak Iron Dome.

Harian Yediot Ahronoth menambahkan, para personel militer yang mengidap kanker menduga, bahwa mereka terkena kanker akibat paparan radiasi dan panas dari unit radar Iron Dome.

Bicara tentang radar pada sistem Iron Dome, maka yang digunakan adalah jenis radar penjejak ELM-2084 3D AESA Multi-Mission Radar (MMR) produksi ELTA Systems. Satu baterai (kompi) Iron Dome terdiri dari 3 – 4 peluncur rudal Tamir, satu unit BMC, dan radar penjejak ELM-2084. Dan, satu baterai Iron Dome digadang untuk melindungi area seluas 12Γ—12 km.

Sistem kerja Iron Dome dapat dibagi dalam tiga tahap, dimana radar akan mendeteksi ancaman yang datang dan perkiraan arah datangnya. Informasi tersebut kemudian diteruskan ke unit Battle Management & Control (BMC) yang akan menghitung lintasan dari target, mulai dari posisi luncur sampai titik perkiraan jatuh. Berdasarkan kalkulasi tersebut, sistem kemudian menyiapkan rudal Tamir untuk mencegat sasaran di koordinat yang tepat.

Baca juga: Angkatan Darat AS Terima Baterai Kedua Sistem Hanud Iron Dome dari Israel

Iron Dome terdiri dari sistem rudal pencegat (C-RAM/Counter Rocket, Artillery, and Mortar) yang diberinama Tamir, BMC dan sistem radar pendeteksi atau counter battery radar. Berbeda dengan sistem hanud Pantsir-S1 dari Rusia yang memadukan komponen radar, rudal dan kanon dalam satu kesatuan, maka Iron Dome digelar dalam paket yang terpisah dan tidak bersifat mobile. (Gilang Perdana)

14 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *