Ngeri, Cina Jadikan MBT Abrams Sebagai Sasaran Tembak

Selain mempunyai alutsista yang canggih, tidak boleh dilupakan adalah menjaga tingkat kesiapan tempur. Untuk urusan menjaga tingkat kesiapan tempur sudah barang tentu tidak hanya pada perangkat, melainkan pada kemampuan prajurit atau pengawaknya. Dan untuk menjaga tingkat kesiapan tempur jelas butuh keseriusan dalam latihan dan pendanaan. Semisal satuan tembak rudal Mistral TNI AD yang untuk menjaga tingkat kesiapan tempurnya menggunakan target drone Bansheee dari Inggris untuk uji tembaknya.

Baca juga: Arhanud TNI AD Terima 59 Unit Target Drone Banshee Whirlwind

Dan dari ajang Zhuhai AirShow 2021, salah satu yang menarik dalam display produk di indoor area adalah sosok yang mirip MBT (Main Battle Tank) Abrams. Bagi yang pertama melihatnya, muncul sangkaan bahwa tank Abrams sudah di ‘copas’ oleh salah satu perusahaan Cina. Dugaan itu ada benar tapi tak sepenuhnya tepat, pasalnya MBT Abrams yang ditampilkan di Zhuhai AirShow 2021 ternyata adalah remote controlled target.

Dari postingan Twitter @DeadDistrict, disebutkan bahwa MBT Abrams dengan cat kamuflase matrix ini ditawarkan oleh salah satu perusahaan lokal sebagai wahana sasaran bergerak, yaitu digunakan untuk tujuan latihan tempur pasukan kavaleri Angkatan Darat Cina. Ketimbang latihan penembakan dengan sasaran statis, maka dengan wahana sasaran bergerak, kru tank AD Cina akan mempunyai pengalaman dan kemampuan berbeda dalam menyasar sasaran bergerak.

MBT Abrams untuk target tembak ini punya berat 3 ton dan ditenagai mesin diesel. Dengan kendali remote, tank ini dapat dikendalikan sampai jarak 5 Km dan punya kecepatan maksimum 86 Km per jam. Sebagai penggeraknya, menggunakan roda ban biasa. Di tangan operator yang mumpuni, maka wahana sasaran ini dapat memberikan pelajaran yang menantang bagi awak tank Cina.

Baca juga: Singapura Kembangkan FORT, Robot Sasaran β€˜Pintar’ untuk Pertempuran Jarak Dekat

Dalam latihan tempur, sasaran bergerak seperti ini tak melulu harus dihancurkan dengan tembakan proyektil, melainkan wahana ini bisa dimanfaatkan untuk latihan pembidikan dan ‘penguncian’ sasaran. Secara umum, dengan bahan bakar penuh, MBT Abrams beroda ban ini dapat dioperasikan sejauh 200 Km. Panjang tank sasaran ini 9,75 meter, lebar 3,75 meter dan tinggi 2,45 meter. (Gilang Perdana)

12 Comments