Seputar DSEI 2019Klik di Atas

Masuki Ruang Udara Suriah, F-16 Turki Dicegat Dua Sukhoi Su-35 Rusia

Duel udara yang paling ‘dinanti’ netizen nyaris saja terjadi pada 20 Agustus kemarin, persisnya saat flight F-16 AU Turki di-intercept langsung oleh dua jet tempur Sukhoi Su-35 di atas wilayah Suriah. Dua Su-35 dilaporkan berhasil memaksa kelompok F-16 Turki untuk meninggalkan wilayah udara Suriah, setelah F-16 Turki disebut-sebut telah masuk 30-40 kilometer dari garis perbatasan.

Baca juga: ‘Timbun’ Suku Cadang F-16, Turki Siap Terima Gelombang Pertama Rudal Hanud S-400

Dikutip dari fighterjetsworld.com, Turki mengerahkan armada F-16 ke Provinsi Idlib setelah AD Suriah (Syrian Arab Army) berhasil mencetak sejumlah kemenangan dalam peperangan di dekat kota Khan Sheikhoun, Suriah. Jet tempur Turki memang disiap siagakan ke Idlib, setelah AU Suriah menyerang konvoi militer Turki yang bergerak dalam operasi penyelamatan pejuang anti rezim Surah di kota Khan Shaykhun.

Dari sumber yang sama, dua jet tempur Su-35 Rusia melakukan screamble dari Pangkalan udara Khmeimim untuk mencegat F-16 Turki. Pilot Rusia mampu mengusir pesawat tempur Turki keluar dari ruang Suriah hanya dalam beberapa menit. Tidak ada detail lain yang telah dirilis. Namun kuat dugaan, F-16 Turki telah melihat kehadiran Su-35 dari pantauan radar.

Seperti diketahui, militer Rusia terlibat langsung di Suriah dalam mendukung rezim Presiden Bashar al-Assad. Sukhoi Su-35 berperan dalam melakukan pengawalan dalam beberapa operasi serangan udara ke permukaan yang dilakukan AU Suriah, termasuk di atas kota Khan Shaykhun yang terdapat aktivitas militer Turki.

Khan Shaykhun telah dikepung hampir 2 minggu lalu dan mulai terlihat tanda-tanda kejatuhannya ke tangan Suriah setelah mulai ditinggal penghuninya menyingkir ke tempat dirasa aman ke sejumlah desa dan kota kecil di perbatasan Suriah Turki kawasan Idlib.

Upaya Turki mendatangkan bala bantuan logistik dan peralatan tempur serta pasokan petempur segar dalam dua gelombang dari arah Turki dan Idlib ke Khan Shaykhun hingga ke Morek terlambat memotong kecepatan SAA dan aliansinya menguasai jalur utama Haigway M5 yang menghubungkan Hama ke Aleppo.

Bala bantuan Turki secara terang-terangan membantu pemberontak dengan dua gelombang rombongan dengan panjang konvoi 50 kendaraan pengangkut aneka perlengkapan hingga tank dan kendaraan lapis baja telah membuat pemerintah Suriah berang.

Baca juga: Terbang Mengarah Ke Suriah, P-8A Poseidon AS ‘Terpaksa’ Di-intercept Sukhoi Su-35 Rusia

Lepas dari pertikaian antara Turki dan Suriah, insiden pencegatan F-16 Turki oleh Su-35 Suriah akan menambah rumit situasi di Timur Tengah. Di satu sisi, Turki dan Rusia tengah merajut hubungan bilateral yang intens untuk pengadaan alutsista, terutama pasca Turki mengakuisisi sistem rudal hanud S-400. (Bayu Pamungkas)

23 Comments