LHD TCG Anadolu Tuntaskan Uji Coba Penerimaan Helikopter, Akhir Tahun ini Resmi Beroperasi

Kapal induk helikopter – Landing Helicopter Dock (LHD) yang menjadi kebanggaan Turki, TCG Anadolu (L-400), diwartakan telah menuntaskan uji coba lepas landas dan pendaratan helikopter sejak kapal induk yang juga kapal serbu amfibi itu melakukan sea trial. Uji coba penerimaa helikopter menyiratkan tahapan commissioning TCG Anadolu tidak akan lama lagi.

Baca juga: Meski Tanpa F-35B, AL Turki Siap Operasikan Anadolu Class, LHD Pertama Produksi Dalam Negeri

Kementerian Pertahanan Turki mengumumkan di Twitter bahwa helikopter serang AH-1W Super Cobra dan helilopter anti kapal selam SH -70B Angkatan Laut Turki mendarat di TCG Anadolu pada 18 November 2022. Tonggak lain yang telah dicapai TCG Anadolu adalah penggelaran Main Battle Tank (MBT) Altay buatan Turki yang berlangsung pada 7 Oktober 2022.

Dalam penggelaran MBT, Altay yang punya bobot 65 ton dipindahkan dari dek TCG Anadolu ke LCM (Landing Craft Mechanized), baru kemudian didaratkan ke pesisir. Begitu juga sebaliknya, LCM membawa MBT Altay dari pesisir ke TCG Anadolu yang ada di tengah laut.

Sebagai kapal serbu amfibi, TCG Anadolu juga dilengkapi dock basah pada bagian buritan, dimana dapat dimuati 4 unit LCU (Landing Craft Utility) atau 2 unit LCAC/hovercraft. Sebagai elemen perlindungan, Anadolus Class dilengkapi 5 pucuk kanon Aselsan 25 mm STOP, 2 pucuk kanon CIWS Phalanx CIWS dan unit RAM (RIM-116 Rolling Airframe Missile).

Pada 17 September 2022, Turkish Defense Industry Agency (SSB) menyelenggarakan tur pers di atas kapal TCG Anadolu, dan kepala SSB, Prof. Ismail Demir, mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk menyerahkan TCG Anadolu ke AL Turki pada akhir tahun ini (2022 -red). Sebagai catatan, pada 4 Maret 2022, AL Turki mengibarkan bendera Kebangsaan di LHD tersebut, dan tahapan sea trial dimulai pada Juni 2022.

TCG Anadolu dilaporkan telah diubah konsepnya menjadi kapal induk drone setelah Amerika Serikat memutuskan kemitraan dengan Turki dari proyek F-35 Ligthning II. Buntutnya, Baykar Makina, produsen drone Turki, mengumumkan pada awal 2021 bahwa mereka sedang mengerjakan drone tempur (UCAV) yang spesifik akan beroperasi dari kapal induk, yang disebut Bayraktar TB3, yaitu versi sayap lipat dan lebih baik dari drone TB2 yang telah terbukti dalam pertempuran dan nantinya akan dioperasikan di atas TCG Anadolu.

Baca juga: Terbang Perdana di 2022, Baykar Makina Rilis Desain Bayraktar TB3, Spesialis Beroperasi dari Kapal Induk

Ismail Demir menegaskan, proses integrasi sistem drone akan berlanjut setelah pengiriman Anadolu. LHD ini digadang dapat melakukan operasi udara dengan drone TB3 setelah integrasi sistem selesai. Ismail juga menggarisbawahi bahwa jet tempur tak berawak Bayraktar Kizilelma(MIUS) dan pesawat HURJET yang akan digelar ke LHD masa depan. (Bayu Pamungkas)

21 Comments