Latihan Serbuan Amfibi, Pasukan Katak Cina Gunakan Jet Propelled Surfboards

Selain para petinggi di Beijing, tidak ada yang tahu persis bagaimana strategi yang kelak dilakukan Cina untuk menginvasi Taiwan. Beragam pola simulasi perang telah dijalankan untuk mempersiapkan bila hari “H” itu tiba, tapi harus diakui begitu banyak skenario yang bisa terjadi, dan menjadi sulit diterka, apakah nantinya bakal ada hujan rudal jelajah/balistik? Atau lebih dulu dilakukan teknik penyusupan oleh pasukan elite untuk melakukan sabotase pada instalasi vital di Taiwan?

Baca juga: Foto Satelit: AL Cina Gelar Latihan Pendaratan Amfibi Berskala Besar dengan Kapal Ferry Sipil

Dari beragam skenario, teknik penyusupan pasukan meski terdengar konvensional dipercaya masih efektif untuk membuka jalannya pertempuran dengan sabotase atau pengacauan di wilayah lawan. Nah, terkait hal tersebut, sebuah video pendek yang diposting akun Twitter @louischeung_hk pada 27 September 2022 menjadi viral, lantaran diperlihatkan kelompok pasukan katak Cina melakukan teknik pendaratan amfibi dengan wahana yang disebut sebagai papan selancar jet – Jet Propelled Surfboards.

Rekaman video itu memperlihatkan mengendarai papan selancar jet, berlayar sampai mereka mendarat di pantai, dan maju sambil memegang senapan. Video tersebut tidak memberikan informasi tambahan tentang kegiatan operasi militer Cina tersebut.

Dalam kasus invasi China, pasukan khusus Cina dapat menggunakan teknologi ini untuk merusak pertahanan Taiwan. Dalam beberapa tahun terakhir, Taiwan mengerahkan berbagai strategi, seperti menempatkan ranjau bawah laut, untuk menggagalkan kapal-kapal Cina mendekat.

Namun, ada banyak kelemahan menggunakan papan selancar ini. Banyak pengguna Twitter menggarisbawahi bahwa pasukan Cina yang menggunakan peralatan ini tidak akan dapat membawa banyak amunisi, yang mungkin sangat penting jika terjadi invasi.

Baca juga: Teknik Infiltrasi Penuh Risiko, Pasukan Katak Meluncur dari Petor Kapal Selam

Selain itu, mereka hanya akan menjadi sasaran empuk bagi militer Taiwan. Papan selancar juga tampaknya tidak memiliki daya jelajah yang bagus, dan mungkin akan sulit bagi pasukan khusus untuk menggunakan peralatan ini di gelombang laut yang tinggi. (Bayu Pamungkas)

3 Comments