Kapal Induk Helikopter Cina Type 075 Mengalami Kebakaran

Jadwal penyerahan kapal induk helikopter atau Landing Helicopter Dock (LHD) Type 075 atau dalam kode NATO disebut Yushen Class LHD, boleh jadi terancam molor. Pasalnya pada Sabtu, 11 April lalu, diwartakan bahwa kapal perang berbobot 36.000 – 38.000 ton dan mampu membawa 30 helikopter ini mengalami kebakaran di Hudong Zhonghua Shipyard, Shanghai.

Baca juga: LHD Type 075 – Kapal Induk Helikopter untuk Mimpi Ekspansi Sang Naga

Dikutip dari defenseworld.net (11/4/2020), Pakar angkatan laut yang berbasis di Beijing, Li Jie mengatakan, bahwa asap terkonsentrasi di daerah tengah dan belakang kapal. Seperti dilihat dari foto, penyebab kebakaran kemungkinan berasal dari daya dan sistem mekanis, percikan yang disebabkan oleh pengelasan listrik, api di dapur atau beberapa bahan yang mudah terbakar di dek. “Melihat dari ketebalan asapnya, api nampaknya dapat dikendalikan dengan cepat, dan seperti terlihat di foto, tidak ada api di udara terbuka, api seharusnya dapat dipadamkan dengan sangat cepat,” ujar Li.

Seorang pakar di industri pembuatan kapal mengatakan bahwa asap tebal mengindikasikan respons darurat yang cepat. “Meskipun asap tebal terlihat di kapal, kecelakaan itu tidak signifikan dan tidak akan berdampak besar pada konstruksi lebih lanjut,” kata sang pakar.

Foto-foto yang beredar di internet menunjukkan bahwa buritan kapal serbu amfibi Type 075 dihitamkan oleh api, dan video-video tertentu menunjukkan bahwa ada api di buritan, dan kolom asap mengepul oleh angin.

LHD merupakan alutsista strategis yang sangat mahal, AL Cina hanya memproyeksikan tiga unit pembangunan Type 075. Saat ini, satu unit sudah diluncurkan dan satu lagi masih dalam proses pembangunan oleh Hudong Zhonghua Shipbuilding. Kapal pertama Type 075 telah diluncurkan pada 25 September 2019, namun belum diserahkan ke pihak angkatan laut. Kapal yang mengalami kebakaran ini dalam proses uji kalibrasi peralatan. Nantinya kapal pertama akan digunakan untuk Armada Laut Selatan dan satunya lagi untuk Armada Laut Timur.

Baca juga: Lupa Tutup Palka, India Hampir ‘Kehilangan’ INS Arihant, Kapal Selam Nuklir Seharga US$3 Miliar

LHD Type 075 punya panjang mencapai 237 meter dan lebar 43 meter. Kapal induk helikopter ini ditenagai enam mesin 16PC2-6B dengan kekuatan 65.000 hp yang mampu membawa kapal induk ini berlayar dengan kecepatan 23 – 24 knots. (Gilang Perdana)

6 Comments