Kamov Ka-58 Black Ghost – Helikopter Serang dengan Kemampuan Stealth yang Misterius

Foto: Twitter @I30mki

Identitas helikopter dengan kemampuan stealth (tak kasat radar) memang serba misteri, meski tak diungkap resmi ke publik, namun toh akhirnya terungkap juga bahwa memang ada helikopter stealth yang dimaksud, contohnya seperti varian Black Hawk yang digunakan pasukan elite Navy SEAL Team Six saat operasi operasi penangkapan gembong teroris Al-Qaeda, Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan pada 2 Mei 2011.

Baca juga: Terungkap! Inilah Tampilan Helikopter Stealth Black Hawk dalam Operasi Penangkapan Osama bin Laden

Setelah itu, debut helikopter stealth nyaris tak terdengar lagi. Dari Rusia, meski sebagian besar orang meyakini bahwa ini hanya bagian dari fiksi, muncul yang disebut Kamov Ka-58 Black Ghost. Sosok Kamov Ka-58 pertama kali dimunculkan dalam bentuk model kist skala oleh Zvezda. Uniknya, sang pembuat model pesawat rakitan tersebut telah mendapat lisensi penggunaan nama dari Kamov. Belakangan, merek model kit Revell yang kondang di Eropa juga merilis Ka-58 stealth helicopter sebagai bagian dari koleksinya.

Seperti halnya Hasegawa dan Tamiya dari Jepang, Zvezda dan Revell dikenal membuat model kit atas suatu bentuk wahana dengan tingkat akurasi tinggi, dan kebanyakan memang mengacu pada barang yang ‘nyata’ ada.

Mengutip dari GlobalSecurity.com, Desain Ka-58 mengikuti jejak helikopter serang Ka-50/52, dimana mengusung dua rotor utama kontra-rotasi koaksial. Kamov merancang helikopter serang yang dapat berlaga di segala cuaca dengan teknologi stealth yang mengurangi visibilitas Ka-58.

Paket senjata yang dapat dibawa mencakup delapan rudal anti tank Zarya-2M, roket, rudal udara-ke-udara, senjata kecil dan lainnya. Lapisan armor melindungi kokpit dan komponen vital, seperti mampu menahan terjangan proyekti kaliber 12,7 mm dan pecahan peluru 23 mm. Sistem bailout (pelontar) tersedia untuk penyelamatan pilot selama situasi kritis.

Para injiner Rusia memahami bahwa teknologi tidak berhenti, oleh karena itu, mereka mengembangkan helikopter pengintai dan serang Ka-58 yang pada dasarnya baru, yang disebut Black Ghost. Desain Ka-52 Alligator membuat sensasi nyata dalam laga di Suriah, karena helikopter semacam itu tidak dibuat di zaman Soviet. Ka-58 akan menjadi penerus yang sangat baik untuk penampilan teknologi mesin sayap putar modern.

Salah satu fitur revolusioner dari “Black Ghost” adalah melengkapi sistem “invisibility” – “stealth”. Penggunaan pelapis untuk siluman mempengaruhi penampilan pengembangan. Pada badan helikopter hampir tidak ada permukaan yang terletak pada sudut 90 derajat terhadap sumbu badan pesawat. Bentuk tetrahedral tersebut dipercaya dapat mengurangi tingkat radiasi elektronik. Ini adalah pendekatan desain yang sama sekali baru untuk Rusia.

Bagian ekor Ka-58 berbentuk V, desain ini secara signifikan mengurangi visibilitas helikopter dalam radiasi infra merah. Ka-58 mampu melepaskan flare, target palsu, dan banyak lagi. Sesuai namanya Black Ghost, maka helikopter serang ini dapat dengan diam-diam mendekati musuh, memberikan pukulan kuat, dan mempertahankan diri jika terdeteksi.

Baca juga: Kamov Ka-52M – Tampil Lebih Sangar dengan Menggotong Rudal Jelajah Jarak Jauh

Nah, apakah “Black Ghost” memang benar-benar ada, ataukah hanya sebatas konsep dalam desain? Biar waktu yang akan membocorkannya, seperti pada foto-foto yang diposting akun Twitter @I30mki, itu prototipe asli atau hanya foto editan ya? (Cahyo Baskoro)

24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *