Iran Pasang Drone Kamikaze di High Speed Boat

Bukan hal yang baru bila high speed boat diadopsi Iran untuk menjaga kepentingannya di Teluk Persia. Bahkan di tangan Iran, high speed boat dalam beragam ukuran bisa disulap laksana wahana di film “Mad Max,” dimana speed boat bisa dipasangi peluncur roket multilaras sampai penebar ranjau laut. Namun, belum lama ini terungkap, bahwa high speed boat Iran ternyata juga dapat dipasangi drone.

Baca juga: High Speed Boat dengan Peluncur Roket Multilaras, Gaya β€œMad Max” Iran dalam Meladeni Armada AS di Selat Hormuz

Seperti pada beberapa foto yang diposting akun Twitter @inparspace pada 23 September 2020, memperlihatkan drone yang disebut dari tipe Ababil 2 dipasang pada bagian atas dek speed boat. Belum jelas benar niatan dari konvergensi dari drone dan speed boat ini, namun muncul dugaan, Ababil 2 dipersiapkan sebagai drone kamikaze.

Sekilas tentang Ababil 2, sosok drone mini ini meski tak masuk kualifikasi drone MALE (Medium Altitude Long Endurance), sudah menyandang predikat battle proven. Diproduksi oleh Iran Aircraft Manufacturing Industrial Company (HESA), Ababil 2 sudah kenyang digunakan dalam beberapa palagan, sebut saja Hizbullah yang mengoperasikan Ababil 2 dalam konflik bersenjata di Lebanon pada tahun 2002. Dua belas unit Ababil 2 setidaknya telah diluncurkan Hizbullah, namun beberapa Ababil kemudian berhasil ditembak jatuh oleh F-16 AU Israel. Laga Ababil 2 lainnya yaitu saat digunakan di Yaman, Irak, Sudan, Suriah dan Palestina.

Ababil 2 diluncurkan dengan teknik pneumatic launcher, lantaran drone ini tak dibekali roda pendarat. Dari spesifikasi, Ababil 2 ditenagai satu unit mesin piston WAE-342 dua silinder dengan kekuatan 25 hp. Berkat dua bilah propeller, drone ini dapat melesat dengan kecepatan masksimum 370 km per jam dan kecepatan jelajah 250-350 km per jam. Dengan kapasitas bahan bakar penuh 16 liter, Ababil 2 dapat menjelajah sejauh 120 km.

Endurance Ababil 2 sangat terbatas, yakni maksimum hanya 2 jam dan ketinggian terbang mencapai 3.000 meter. Payload yang bisa dibawa mencapai 40 kg, sementara bobot kosong drone 30 kg dan berat maksimum saat tinggal landas dipatok 83 kg. Ababil 2 punya panjang keseluruhan 2,88 meter, lebar bentang sayap 3,25 meter dan tinggi 0,91 meter.

Baca juga: Drone Kamikaze, Kebangkitan Era Rudal Jelajah β€œGaya” Baru

Selain digunakan sebagai wahana intai, Ababil 2 dapat pula difungsikan sebagai target drone. Dan ketika Ababil 2 disulap sebagai drone kamikaze, rasanya sangat mungkin, mengingat kapasitas payload cukup memadai untuk membawa bahan peledak ringan. (Gilang Perdana)

15 Comments