Insiden (Lagi), F-16 Taiwan Kali Ini Nyungsep di Parit Setelah Mendarat

Insiden yang menyangkut jet tempur boleh dikata jamak terjadi diberbagai tempat, namun apa yang dialami penempur legendaris F-16 di Taiwan layak menjadi catatan tersendiri, pasalnya dalam satu bulan (Agustus 2021), tercatat sudah ada tiga insiden yang terkait pada F-16. Pertama insiden F-16 Viper (hasil upgrade) lepas kanopinya saat di udara pada 11 Agustus, kemudian yang kedua pada 18 Agustus 2021.

Baca juga: Ada Insiden (Lagi) pada F-16 Viper Taiwan, Delapan Orang Luka-luka

Peristiwa kedua adalah kebocoran hidrazin pada F-16 Viper hasil upgrade. Insiden yang terjadi di fasilitas produksi Aerospace Industrial Development Corporation (AIDC), mengakibatkan delapan orang luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit. Hidrazin adalah cairan beracun tidak berwarna yang digunakan dalam sistem kelistrikan dan unit daya darurat pada armada F-16 Taiwan. Dan di punghujung Agustus 2021, tepatnya pada Selasa, 31 Agustus 2021, kembali terjadi insiden pada F-16 Angkatan Udara Taiwan.

Dikutip dari taiwannews.com.tw (31/8/2021), sebuah F-16BM (tandem seat) dengan nomer 6829 mengalami insiden terperok ke dalam parit sesaat melakukan pendaratan. Seperti nampak dalam video, F-16 tersebut menggunakan rem parasut (drag chute) saat pendaratannya. Disebutkan, peristiwa itu terjadi pada pukul 06.32 pagi, dimana pesawat sedang dalam misi latihan, termasuk jadwal latihan lepas landas dan mendarat di jalan raya.

Akibat insiden itu, hidung F-16 masuk ke dalam parit (nyungsep) di Pangkalan Udara Pingtung, sementara kedua penerbangnya dapat keluar kokpit secara normal dan tanpa menderita cidera. Kegiatan yang dilakoni F-16 nahas tersebut adalah latihan militer tahunan Han Kuang ke-37 yang akan dimulai pada 13-17 September 2021. Dalam latihan tersebut, jet tempur Angkatan Udara Taiwan telah berlatih pendaratan darurat di landasan pacu yang diperpendek sebagai persiapan untuk latihan di jalan raya. Saat insiden yang menimpa F-16 6829, kala itu landasan sedang diguyur hujan yang menyebabkan jet tempur single engine ini kehilangan kendali.

Dalam salah satu latihan pendaratan di landasan pacu yang diguyur hujan pada Selasa pagi (31 Agustus), sebuah F-16 tiba-tiba kehilangan kendali. Sebelum kejadian, pesawat telah mempertahankan jalur lurus sampai mengerahkan parasutnya, namun tiba-tiba pesawat berbelok ke kiri dan terperosok ke parit.

Baca juga: Duh, Kaca Kanopi F-16 Viper Taiwan Terlepas di Udara

Dalam insiden di atas, pesawat hanya mengalami kerusakan ringan, lepas dari itu, seperti terlihat dalam foto, F-16BM tengah menenteng rudal udara ke udara AIM-120 AMRAAM pada wingtip-nya. (Gilang Perdana)

13 Comments