Ikut Proyek Medium Transport Aircraft untuk AU India, Embraer Gandeng Mahindra Tawarkan C-390 Millennium

Setelah Brasil, Portugal, Hongaria, Ceko, Belanda, Austria Korea Selatan dan (potensi) Arab Saudi, kini giliran India bakal bergabung sebagai komunitas negara pengguna pesawat angkut berat Embraer C-390 Millennium. Hal tersebut setelah Embraer Defense & Security dan Mahindra mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan tujuan untuk bersama-sama memenuhi akuisisi pesawat multi-misi C-390 Millennium oleh Angkatan Udara India dalam proyek Medium Transport Aircraft (MTA).

Baca juga: Gantikan Armada C-130H Hercules, Arab Saudi Incar 33 Unit Embraer C-390 Millennium

“Kami merasa terhormat mengumumkan MoU ini dengan Mahindra. India memiliki industri pertahanan dan kedirgantaraan yang beragam dan kuat dan kami telah memilih Mahindra sebagai mitra kami untuk bersama-sama menjalankan program MTA,” kata Bosco da Costa Junior, Presiden & CEO, Embraer Defense & Security.

“India adalah pasar utama bagi Embraer dan kami sepenuhnya mendukung ambisi India untuk ‘Atmanirbhar Bharat’. Kami melihat kemitraan ini sebagai simbol penguatan hubungan antara Brasil dan India dan cara untuk mendorong kerja sama Global Selatan.”

Embraer dan Mahindra akan bekerja sama dengan Angkatan Udara India untuk mengidentifikasi langkah selanjutnya dari program MTA, serta menghubungi industri kedirgantaraan lokal di India untuk mulai mengembangkan rencana industrialisasi untuk proyek tersebut.

MoU tersebut ditandatangani oleh Embraer Defense & Security dan Mahindra Defense Systems, anak perusahaan yang 100 persen dimiliki Mahindra, yang berfokus pada transportasi lapis baja dan produk terkait keamanan termasuk elektronik.

Sejak mulai dioperasikan oleh Angkatan Udara Brasil pada tahun 2019 dan terakhir dengan Angkatan Udara Portugal pada tahun 2023, C-390 telah membuktikan kapasitas, keandalan, dan kinerjanya. Armada pesawat yang beroperasi saat ini telah mengumpulkan lebih dari 11.500 jam terbang, dengan ketersediaan operasional sekitar 80 persen dan tingkat penyelesaian misi di atas 99 persen.

C-390 Millennium memperoleh status Kemampuan Operasional Penuh oleh Angkatan Udara Brasil pada tahun 2023, yang mendukung kemampuan platform tersebut untuk melaksanakan semua misi yang dirancang untuk dilakukan.

Hingga saat ini, C-390 Millennium telah dipilih oleh Brasil, Portugal, Hongaria, Belanda, Austria, Republik Ceko, dan yang terbaru, Korea Selatan.

C-390 adalah pesawat angkut militer paling modern di pasaran, dapat membawa muatan lebih banyak (26 ton) dibandingkan dengan pesawat angkut militer berukuran sedang lainnya dan terbang dengan kecepatan 870 km per jam.

Baca juga: Embraer C-390 Millennium Raih Kemampuan Operasional Penuh untuk Angkatan Udara Brasil

Pesawat ini mampu melakukan berbagai misi seperti mengangkut dan menjatuhkan kargo dan pasukan, evakuasi medis, pencarian dan penyelamatan, pemadaman kebakaran udara, dan misi kemanusiaan, beroperasi di landasan pacu sementara atau tidak beraspal seperti tanah padat, tanah, dan kerikil.

Pesawat dapat dikonfigurasi dengan perangkat peralatan pengisian bahan bakar udara ke udara (air refueling) dengan sebutan KC-390, telah membuktikan kapasitas pengisian bahan bakar di udara baik sebagai tanker maupun sebagai penerima, dalam hal ini dengan menerima bahan bakar dari KC-390 lain menggunakan pod yang dipasang di bawah sayap. (Gilang Perdana)