Gantikan Armada C-130H Hercules, Arab Saudi Incar 33 Unit Embraer C-390 Millennium

Setelah Brasil, Portugal, Belanda, Austria dan Korea Selatan, ada kabar bahwa Arab Saudi akan bergabung sebagai komunitas negara pengguna pesawat angkut berat Embraer C-390 Millennium. Bila Korea Selatan merahasiakan jumlah pesanan C-390, maka Arab Saudi disebut akan mengorder sampai 33 unit C-390 Millennium, yang tak lain diakuisisi untuk menggantikan 42 unit armada Lockheed C-130 Hercules.

Baca juga: Jumlah Pesanan Dirahasiakan, AU Korea Selatan Pilih Embraer C-390 Millennium dalam Program Large Transport Aircraft II

Ada indikasi bahwa Arab Saudi sedang mempertimbangkan langkah yang mungkin bukan pertanda baik bagi Amerika Serikat, terutama Lockheed Martin. Sumber orang dalam menunjukkan bahwa Riyadh memiliki pandangan serius untuk membeli C-390 Millennium untuk Angkatan Udara Arab Saudi – Royal Saudi Air Force (RSAF).

Dikutip Bulgarianmilitary.com (4/1/2024), telah terjadi kesepakatan untuk pengadaan 33 unit C-390 Millennium dengan negosiasi dari pihak Atab Saudi ditangani oleh Dana Investasi Sami. Ruang lingkup kesepakatan melampaui pengadaan pesawat karena itu juga termasuk menciptakan infrastruktur yang komprehensif di Arab Saudi. Infrastruktur ini akan memastikan pelatihan lengkap personel dan menyediakan pemeliharaan yang memadai.

Selain itu tengah dalam pembicaraan untuk membangun pusat maintenance, repair and overhaul (MRO) dan jalur perakitan akhir – final assembly line (FAL) untuk armada C-390 Millennium, opsi yang juga sebelumnya telah diambil oleh Korea Selatan.

Angkatan Udara Arab Saudi saat ini mengoperasikan satu skadron yang terdiri dari 33 unit C-130H Hercules dan 7 unit pesawat tanker KC-130H Hercules. Di samping itu, ada dua unit varian baru, KC-130J-30 Super Hercules yang melayani misi ganda-transportasi dan pengisian bahan bakar di udara.

C-390 Milenium adalah produk dari desain dan teknik terbaru, yang membuat C-130J dengan empat mesin menjadi relatif terlihat kuno. Pesawat Brasil ini menawarkan nilai yang unggul dengan meningkatkan efisiensi, dan memerlukan lebih sedikit perawatan sambil memberikan peningkatan waktu penerbangan.

Gantikan C-130 Hercules, Austria Resmi Order Empat Unit Embraer C-390 Millennium

Dari segi kemampuan, C-390 dapat membawa lebih banyak muatan (26 ton) dibandingkan dengan pesawat angkut militer berukuran sedang lainnya dan terbang lebih cepat (470 knots) dan lebih jauh, serta mampu melakukan berbagai misi seperti mengangkut dan menjatuhkan kargo dan pasukan, medis. evakuasi, pencarian dan penyelamatan, pemadaman kebakaran, dan misi kemanusiaan, yang beroperasi di landasan pacu sementara atau tidak beraspal seperti tanah padat, tanah, dan kerikil. (Gilang Perdana)