Embraer Tuntaskan Uji Radar Intai 3D Saber M200 Vigilante, Termasuk Sukses Diangkut Pesawat KC-390

Embraer, manufaktur dirgantara asal Negeri Samba, tidak hanya memproduksi pesawat sipil dan militer. Lain dari itu, Embraer juga memproduksi radar intai hanud 3D Saber M200 Vigilante. Dan ada kabar terbaru bahwa Embraer dan Angkatan Darat Brasil berhasil menyelesaikan uji pertama M200 Vigilante di Parintins, negara bagian Amazonas. Tidak itu aja, radar M200 ternyata sukses dalam uji mobilitas ketika diangkut menggunakan pesawat Embraer KC-390.

Baca juga: Embraer KC-390, Penantang Berat Kawasaki C-2 “Baby Globemaster”

Dari siaran pers Embraer, disbutkan uji coba radar dilakukan di Bandara Júlio Belém yang terletak di Parintins, selama bulan Juni dan Juli 2023. Lokasi tersebut dipilih karena adanya Parintins Folkloric Festival, sebuah peristiwa yang menyebabkan peningkatan lalu lintas udara secara signifikan di wilayah tersebut.

Ribuan pengunjung mengakses kota ini tahun ini melalui Bandara Júlio Belém, menghasilkan lebih dari 800 pendaratan dan lepas landas dalam satu minggu. Dalam hal ini, radar M200 Vigilante diangkut untuk pertama kalinya dengan KC-390, dalam perjalanan tiga jam antara Campinas, di negara bagian São Paulo ke kota yang terletak di hutan hujan Amazon.

Sensor radar M200 Vigilante terus memantau lalu lintas udara dalam jangkauan 200 km dari bandara, bekerja sama dengan pengontrol penerbangan CINDACTA IV. Sebagai catatan, CINDACTA IV adalah badan Angkatan Udara Brasil yang bertanggung jawab atas pemantauan penerbangan di wilayah utara negara tersebut.

Parintins Folkloric Festival memungkinkan kami menguji kinerja M200 Vigilante di lingkungan yang menantang di hutan hujan Amazon. Operasi gabungan Embraer dengan Angkatan Darat Brasil dan Angkatan Udara Brasil menunjukkan keserbagunaan, ketangkasan, presisi, dan ketahanan radar dalam operasi pertamanya.

Dari spesifikasi, Saber M200 Vigilante masuk golongan radar hanud jarak menengah dengan kemampuan tiga dimensi yang berjalan di frekensi S-Band dan dipasang pada platform kontainer 20 kaki. Saber adalah singkatan Sistema de Acompanhamento de alvos aéreos Baseado em Emissão de Radiofrequência – atau dalam bahasa Inggris disebut Aerial target monitoring system based on high-frequency radiation.

Baca juga: Bukan Cuma Buat Pesawat, Embraer Juga Produksi Radar Intai Hanud 3D Saber M200 Vigilante

Seluruh desain Saber M200 dikembangkan oleh injiner Brasil. Radar ini dapat digunakan untuk pengawasan dan peringatan dini pada level baterai (kompi) hanud dan kelompok artileri anti-pesawat atau kontrol lalu lintas udara sampai kegiatan pengawasan perbatasan. (Gilang Perdana)