Dulu Rencana Dipasang di KCR Klewang Class, Kini 12 Unit Bofors 40 MK4 Bakal Lengkapi Kapal Penyapu Ranjau Belanda dan Belgia

Konfigurasi senjata pada KCR Klewang Class.

Seandainya proyek KCR (Kapal Cepat Rudal) Klewang Class berjalan mulus, semestinya kapal perang stealth berdesain trimaran tersebut akan hadir dengan bekal meriam kaliber sedang Bofors 40 MK4. Dan terkait sosok meriam Bofors 40 MK4, belum lama ini ada kabar dari BAE Systems yang berhasil meraih kontrak untuk memasok 12 unit Bofors 40 MK4 kapal penyapu ranjau terbaru untuk Belanda dan Belgia.

Baca juga: Bofors 40 MK4 – Generasi Canggih Meriam Kaliber Sedang TNI AL

Mengutip dari ukdefencejournal.org.uk (10/2/2021), BAE Systems menyebut telah terpilih untuk memasok meriam untuk program Mine Counter Measures Vessels (MCMV), dimana 6 unit dibuat untuk Belanda dan 6 lainnya untuk Belgia. Sesuai dengan jadwal penyerahan kapal, BAE Systems akan memasok meriam pada tahun 2024.

Bofors 40 MK4 dioperasikan secara otomatis tanpa awak pada meriam. Karena dioperasikan secara otomatis, respon senjata ini juga lebih cepat dan dapat dimasukkan dalam kategori meriam reaksi cepat. Namun, jika sistem elektronik macet, Bofors 40 MK4 masih dapat dioperasikan secara manual oleh awak senjata.

Dengan bekal amunisi 3P yang ideal menggasak beragam target, Bofors 40 MK4 dapat memberikan efek kehancuran kurang dari setengah detik. Semisal menghadapi target serangan udara, amunisi 3P dapat di program untuk pola airburst.

Memenuhi kebutuhan pasar AL dunia, BAE Systems merancang meriam ini secara ringan, kemudahan integrasi sistem, dan modular sehingga mudah di adopsi ke beragam tipe kapal perang. Bobot meriam keseluruhan tanpa amunisi kurang dari 2,3 ton. Beberapa fitur canggih yang ditawarkan pada kendali meriam ini mencakup Computer-controlled burst pattern, On-mount muzzle velocity radar dan Remotely-operated with gyro-stabilised local control backup. Sementara pilihan cara penembakan terdiri dari enam moda untuk amunisi all target.

Baca juga: BAE Systems Umumkan Kontrak Pengadaan 4 Pucuk Bofors 57 MK.3 untuk KCR-60 TNI AL

Dari sisi akselerasi, Bofors 40 MK4 mampu melontarkan 300 proyektil per menit. Tiap 100 peluru dapat diganti bila ingin menggunakan beberapa varian amunisi. Dari spesifikasi, proyektil dapat meluncur efektif hingga jarak 12.500 meter.

Pihak pabrikan menyebut meriam kaliber sedang ini cocok untuk misi penjaga perdamaian, penegakan hukum di laut, skenario litoral, hingga perang terbuka. Bahkan dengan kecepatan tembaknya yang memadai, Bofors 40 MK4 punya kemampuan anti ship missile. Sejauh ini, Bofors 40 MK4 telah digunakan oleh Angkatan Laut Inggris, Swedia dan Finlandia. (Bayu Pamungkas)

18 Comments