Bukan Dua, Ternyata Filipina Hanya Akuisisi Satu Baterai Rudal Brahmos

Kilas balik ke pertengahan Desember 2019, saat itu Philippine News Agency, menyebut bahwa Filipina akan mengakuisisi dua baterai (dua kompi) Brahmos terdiri dari โ€“ satu baterai dengan tiga kendaraan peluncur, yang bila diperdalam lagi, tiap satu peluncur terdiri dari tiga tabung rudal Brahmos. Anggaran yang dikucurkan untuk akuisisi dua baterai Brahmos dikatakan mencapai 300 miliar peso.

Baca juga: Akuisisi Dua Baterai Brahmos, Inilah Alutsista Berefek Deteren Pertama Filipina

Namun, dikutip dari Janes.com (11/3/2021), Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana, telah mengoreksi, bahwa yang akan dibeli Filipina hanya satu baterai Brahmos. Koreksi pengadaan tersebut kabarnya akibat dampak dari pandemi Covid-19, dimana pemerintah Filipina menggunakan dana yang sebelumnya untuk pengadaan alutsista, sementara digunakan untuk penanganan pandemi.

Pembelian tersebut, yang akan menjadi bagian dari perjanjian antar pemerintah, masih menunggu persetujuan dari panglima tertinggi, serta pendanaan selanjutnya, kata Wakil Laksamana Angkatan Laut Filipina Giovanni Carlo Bacordo. Manila sebelumnya telah mengidentifikasi rudal BrahMos sebagai pembelian prioritas mengingat meningkatnya kekhawatiran tentang ketegasan Cina di perairan teritorialnya.

Yang akan diakuisisi Filipina adalah Brahmos jenis LACM (Land Attack Cruise Missile), atau rudal untuk fungsi pertahanan pantai. Brahmos (Brahmaputra Moskva) rudalyang tak lain adalah varian lain dari rudal SS-N-26 Yakhont, merupakan rudal buatan Brahmos Aerospace, perusahaan joint venture antara Defence Research and Development Organisation (DRDO) India dan NPO Mashinostroyenia (NPOM) Rusia.

Baca juga: Bukan Cuma Brahmos, India Juga Kembangkan Rudal Jelajah Jarak Jauh Nirbhay

Brahmos LACM punya bobot 3 ton dan dapat dimuati hulu ledak seberat 200 kg. Rudal dengan kecepatan Mach 3 ini dapat menjangkau sasaran di balik cakrawala dengan jarak 500 km. Sebagai rudal jelajah, Brahmos dapat terbang sea skimming 3 โ€“ 4 meter di atas permukaan laut. (Gilang Perdana)

19 Comments