Boeing Kirim Unit Perdana Helikopter Serang AH-64E v6 Apache Guardian Pesanan Belanda

Setelah sejak November 2020 memulai tahapan upgrade atas armada helikoptrer serang AH-64D Apache milik Angkatan Udara Kerajaan Belanda. Kini Boeing telah mengumumkan, bahwa unit perdana Apache yang di-upgrade dari varian AH-64D ke varian AH-64E Guardian konfigurasi Versi 6 (V6) telah dikirimkan ke Angkatan Udara Kerajaan Belanda.

Baca juga: Belanda Overhaul Plus Upgrade 28 Unit Helikopter Serang Apache, Dari AH-64D Jadi AH-64E

Seperti diketahui, AU Belanda telah mengapalkan batch pertama, yang terdiri dari tiga unit AH-64D Apache ke Amerika Serikat pada November 2020. Dengan nilai kontrak senilai US$1,19 miliar, ada 28 unit AH-64D Block II Apache Belanda yang akan ditingkatkan kemampuannya ke standar varian AH-64E.

Poin besar yang di-upgrade mencakup modernisasi fire control radar, beragam sensor yang ditingkatkan dan peningkatan dapur pacu. AH-64E v6 adalah konfigurasi Apache yang paling modern. Sistem senjata terintegrasi penuh yang berpusat pada jaringan yang khusus dibangun untuk mendominasi di ruang pertempuran yang kompleks, Apache v6 mencakup beberapa peningkatan pada sensor, perangkat lunak, dan kinerja senjata.

Dirancang untuk interoperabilitas dalam ekosistem Joint All Domain Operations (JADO), AH-64E v6 adalah sistem yang mematikan, dapat bertahan pada beragam kondisi, dan gesit yang menyediakan jangkauan, kemampuan manuver, dan kinerja yang dibutuhkan oleh pasukan darat dan berkontribusi pada keberhasilan misi bersama saat ini dan di masa depan.

Dengan menyediakan dan mengintegrasikan kemampuan canggih melalui efek berlapis dari sensor on board dan off board, stand-off long range weapons dan konektivitas yang diperlukan untuk menggunakan semua alat yang dapat dibawa ekosistem, menjadikan Boeing AH-64E v6 adalah helikopter serang yang terintegrasi penuh.

Dengan overhaul plus upgrade, maka armada Apache Belanda dapat digunakan selanjutnya hingga tahun 2050. Secara keseluruhan, program ini akan dijalankan dalam periode dua tahun, unit Apache yang telah ditingkatkan mulai akan diterima Belanda pada pertengahan 2023 dan unit terakhir nantinya akan diterima pada awal 2025.

Walau dari desain tak ada yang berubah sejak varian A, namun aspek ‘jeroan’ Apache telah banyak mengalami perubahan. Yang terbaru kini Boeing merilis AH-64E Apache Guardian dalam varian upgrade yang disebut sebagai v6. Upgrade AH-64 Apache ke versi 6 pada dasarnya mengacu pada kebutuhan Angkatan Darat AS.

Upgrade v6 terdiri dari Modernized Day Sensor Assembly (MDSA), yang mencakup kemampuan Apache untuk merespon ancaman yang lebih kompleks dan bersifat hybrid. Fitur yang dikedepankan pada v6 juga termasuk peningkatan pada cognitive decision aiding system (CDAS), software upgrades dan upgraded mission processor.

Baca juga: Helikopter Serang AH-64E Apache Guardian TNI AD Dilengkapi Tangki Bahan Bakar Eksternal, Ini Spesifikasinya!

Aktualisasi dari upgrade AH-64 v6 yang paling kentara adalah hadirnya maritime targeting mode, yang di dalamnya sudah mencakup target detection/classification, multimode laser image blending, radar frequency interferometer, passive ranging/range extension, fire-control radar enhancements, Longbow integrated maintenance support system ground analysis software improvement, interactive electronic technical manual upgrade dan soldier Radio Waveform (SRW)-embedded diagnostics dengan Link 16.

Upgrade versi 6 pada AH-64E Apache juga memungkinkan bagi helikopter kombatan ini untuk menjalankan Manned-Unmanned Teaming-Extended. (Gilang Perdana)

One Comment